Mau Menidurkan Bayi Tanpa Menggendongnya? Ini Tipsnya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagaimana biasanya Anda menidurkan bayi? Bisa jadi jawabannya dengan menggendongnya. Namun, terkadang bayi tidak langsung terlelap bila digendong. Nah, ada beberapa cara lain yang juga efektif untuk menidurkan si kecil.

Bila terbiasa menggendong bayi untuk menidurkannya, mungkin Anda merasa kerepotan menjalankan pekerjaan rumah lainnya. Belum lagi jika si kecil ingin ditemani sesaat setelah terbangun dari tidurnya. Biasanya ini berkaitan dengan pola tidur, khususnya pada bayi baru lahir sebab bayi baru lahir tak tahu kapan harus tidur dan kapan harus bangun.

Jika hal ini sering terjadi, kebiasaan menggendong bayi tak hanya menguras energi, tapi juga perhatian dan waktu Anda. Oleh sebab itu, Anda sudah harus mulai membiasakan atau melatih si bayi agar bisa tidur tanpa digendong setiap saat.

Ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk menidurkan bayi tanpa menggondangnya seperti berikut ini:

  • Pisahkan kegiatan menyusu dengan tidur

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat batasan antara kegiatan menyusu dan tidur. Ketika bayi bangun untuk pertama kali, maka berikan mereka ASI. Akan tetapi, bila ia masih terbangun karena lapar, maka tetap berikan mereka ASI sampai mereka kenyang. Intinya adalah jangan membiasakan memberi asi ambil tidur. Namun, metode ini sebaiknya dilakukan pada bayi yang berusia lebih besar. Jangan lakukan metode ini pada bayi yang baru lahir atau saat dalam masa growth spurt sebab mereka akan membutuhkan ASI lebih banyak.

  • Bantu bayi tidur tanpa digendong

Menggendong atau menepuk bayi untuk menidurkannya bisa menjadi kebiasaan. Untuk mengatasi cara ini, Anda bisa melakukannya dengan menidurkan bayi dengan menggunakan cara lain, misalnya mengayun-ayunnya dalam ayunan sampai bayi tertidur. Langkah yang satu ini mungkin akan cukup sulit membuat si bayi tertidur dengan cepat. Tetapi, perlahan mereka akan mulai terbiasa.

  • Peluk sambil duduk

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah memeluknya sambil duduk. Lebih baik lagi bila Anda memiliki kursi goyang. Ayunkanlah kursi goyang ketika Anda duduk di atasnya sambil memeluk si buah hati.

  • Bunyikan suara

Suara detak ritmis atau musik yang menenangkan bayi saat jelang waktu tidur bisa membantu bayi tertidur. Ulangi setiap hari sehingga menjadi kebiasaan tidurnya. Suara ritmis membuat bayi nyaman karena mirip detak jantung ibu saat ia dalam kandungan.

  • Pasang lampu tidur

Pasang ekstra lampu bercahaya putih kebiruan di kamar bayi agar jam biologisnya nyaman seperti siang hari. Redupkan lampu di sore hari atau dua jam sebelum waktu tidur untuk membiasakan si kecil tidur di malam hari.

  • Hindari kontak mata

Jangan memandang mata bayi saat ia mulai mengantuk. Ini akan menstimulasi bayi tetap terjaga.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkah di atas bukanlah proses satu malam. Artinya, langkah-langkah tersebut mungkin akan dapat berhasil setelah beberapa bulan. Tetapi, bila berhasil melakukannya, maka akan sangat membantu Anda dalam mengatur waktu dengan lebih baik. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here