Mau Tetap Bugar Setelah Touring? Ini Dia Tipsnya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kegiatan perjalanan jauh atau touring bisa membuat daya tahan tubuh berkurang. Tubuh akan merasa begitu lelah. Bukan hanya lelah, otot dan badan bisa pula menjadi pegal atau bahkan timbul rasa nyeri. Tak hanya itu, bibit penyakit pun siap menyerang kondisi tubuh yang drop. Namun, ada berbagai tips yang bisa Anda lakukan agar tetap bugar setelah touring.

Bagi sebagian orang, touring adalah kegiatan yang menyenangkan. Tetapi, ada baiknya Anda memperhatikan sejumlah hal, mulai dari kesiapan kendaraan hingga yang paling vital adalah mengenai kesehatan Anda sendiri. Tubuh yang bugar berkaitan langsung dengan keselamatan dalam perjalanan.

Orang yang melakukan perjalanan jauh bisa saja menghadapi cuaca, temperatur, kelembaban, mikroba, makanan, dan kebiasaan yang berbeda di tempat tujuan. Sejumlah hal tersebut bisa berpotensi mengganggu metabolisme tubuh. Tetapi, hal itu bisa diminimalisir dengan cara menerapkan tips-tips sehat berikut ini:

  • Minum air putih

Pastikan Anda membawa persediaan air minum dalam jumlah yang cukup selama perjalanan. Idealnya, kita minum minimal delapan gelas sehari. Jika di dalam bus, mobil, kereta api, pesawat, atau mengendarai sepeda motor dalam perjalanan yang panjang, jangan lupa untuk menjaga diri dari dehidrasi. Jika dehidrasi dibiarkan, maka bisa menurunkan kondisi tubuh yang berakibat lebih mudah terserang penyakit.

  • Jaga pola makan

Selain minum, kunci untuk menjaga kebugaran dalam perjalanan jauh adalah pola makan. Asupan karbohidrat yang cukup dianjurkan dalam perjalanan jauh. Di samping itu, sereal juga dianjurkan untuk dikonsumsi karena memberi energi dari gula dan kandungan lain di dalamnya. Saat makan, usahakan jangan sampai tergoda dengan rasa kenyang sehingga bisa membuat Anda kembung atau mual selama perjalanan.

  • Olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan, seperti peregangan otot, melemaskan pundak, pinggang dan sebagainya. Bila Anda mengendarai kendaraan, lakukanlah ini saat beristirahat di tengah perjalanan.

  • Istirahat cukup

Bila Anda mengendarai kendaraan, dianjurkan untuk beristirahat sejenak sebelum memasuki empat jam perjalanan. Jika Anda kesulitan tidur dalam perjalanan, cobalah untuk rileks dengan cara mendengarkan musik atau mencari cara lain supaya Anda bisa beristirahat dalam perjalanan jauh.

  • Suplemen vitamin

Tips sehat perjalanan jauh selanjutnya adalah menyediakan suplemen vitamin. Multivitamin bisa membantu Anda menjaga kondisi tubuh tetap fit selama dan sesudah perjalanan. Namun, konsumsilah dalam porsi yang wajar.

  • Membawa obat

Jika Anda menderita suatu penyakit, pastikan Anda menyiapkan obat tersebut sebelum berangkat karena belum tentu kita bisa mendapatkannya di tempat tujuan. Obat-obat untuk penyakit ringan juga tidak ada salahnya dibawa, misalnya obat sakit kepala, diare, masuk angin, cairan antiseptik dan lain-lain. Tempatkan pada wadah khusus yang mudah dibawa sehingga Anda lebih mudah menggunakannya saat membutuhkan. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here