Meditasi Dapat Atasi Stres pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hormon yang tidak stabil pada ibu hamil bisa menjadi faktor utama penyebab stres pada masa kehamilan. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil untuk menghilangkan stres dan segala macam beban pikiran. Tapi, cara yang paling mudah dilakukan dan paling banyak dipilih adalah dengan meditasi.

Meditasi memang dipercaya ampuh mengusir segala macam jenis stres. Mulai dari stres karena pekerjaan hingga stres karena ketidak stabilan hormon pada ibu hamil atau pada wanita yang sedang menstruasi. Tiga teknik meditasi berikut bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi stres pada masa kehamilan Anda:

  1. Teknik mengatur pernapasan

Teknik mengatur pernapasan adalah teknik paling dasar, paling mudah dan paling sederhana dalam meditasi. Manfaat dari pengaturan napas yang teratur bukan hanya menambah fokus dan konsentrasi, tapi juga bisa menghalau pikiran negatif yang bisa menyebabkan stres. Itu mengapa teknik mengatur pernapasan sangat cocok dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi stres.

Selain karena sangat mudah, teknik mengatur pernapasan ini cocok untuk ibu hamil karena memiliki segudang manfaat bila dilakukan secara rutin. Untuk melakukannya, Anda cukup duduk dengan nyaman, disarankan untuk duduk dengan tegap. Lalu menarik napas secara perlahan dan dalam. Tahan beberapa detik, kemudian hembuskan secara perlahan juga. Rasakan aliran pernapasan Anda, dengan begitu konsentrasi dan fokus Anda akan terjaga.

  1. Teknik perenggangan otot

Teknik ini berguna untuk melemaskan dan melenturkan kotot-otot yang kaku. Anda bisa melakukanya dengan duduk di atas matras, ambal lembut atau kasur. Sebelum melakukan perenggangan otot, pastikan posisi duduk Anda sudah nyaman. Kemudian Anda bisa melakukan gerakan perenggangan otot yang sederhana, seperti menggerakan tubuh ke atas dan kebawah.

Tahan gerakan Anda selama 5 samapi 10 detik sebelum menlajutkan gerakan berikutnya. Ulangi gerakan tersebut sampai Anda merasa tubuh Anda telah rileks. Saat melakukan perenggangan, jangan lupa untuk tetap mengatur pernapasan agar napas dan detak jantung Anda tetap normal.

  1. Teknik membayangkan objek menyenangkan

Membayangkan hal-hal menyenangkan pastinya akan membuat seseorang merasa senang dan dalam keadaan tenang. Begitu juga tujuan dari meditasi dengan teknik membayangkan atau memvisualisasikan sebuah objek. Anda cukup duduk dengan nyaman, disarankan untuk duduk bersila tapi bila Anda lebih nyaman untuk meluruskan kaki boleh saja dilakukan. Tidak ada aturan baku untuk duduk saat meditasi.

Setelah menyamankan posisi duduk Anda, pejamkan mata Anda. Kemudian, bayangkan hal-hal menyenangkan dalam hidup Anda. Kebersamaan Anda bersama suami atau membayangkan hijaunya tanaman di taman, birunya lautan, atau sekedar membayangkan suara tangisan bayi Anda nantinya. Bayangkan apapun yang berkaitan dengan kebahagiaan Anda, entah itu memori lama Anda atau sekedar khayalan tentang kesukaan Anda. Banyangkan sedetail mungkin kejadian tersebut. Dengan begitu stres yang Anda alami dapat teratasi dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here