Meditasi untuk Mengajarkan Disiplin pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat ini, meditasi tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja. Meditasi untuk anak dan remaja juga sudah banyak berkembang. Manfaatnya, sama dengan meditasi yang dilakukan oleh orang dewasa.

Meditasi yang dilakukan oleh anak justru memiliki dampak positif yang lebih banyak. Meditasi pada anak, memiliki durasi yang disesuaikan dengan umur anak tersebut. Berikut durasi yang disarankan dari hasil sebuah penelitian :

  • Anak prasekolah

Untuk anak usia prasekolah, disarankan untuk melakukan meditasi sekitar 1 samapai 3 menit per hari.

  • Anak sekolah

Pada anak usia sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas disarankan untuk melakukan meditasi selama 3 sampai 10 menit, dilakukan 2 kali dalam sehari. Sebaiknya, meditasi dilakukan sebelum berangkat dan sepulang dari sekolah.

  • Remaja dan dewasa muda

pada usia remaja dan dewasa muda ukuran durasi meditasi berkisar 5 sampai 45 menit dalam sehari. Durasi meditasi juga bisa dikonsultasikan dengan pembimbing di kelas meditasi jika mengikuti kelas meditasi.

Meditasi pada anak, terutama pada anak usia prasekolah dapat mengajarkan anak hal baik sejak dini. Selain meningkatkan konsetrasi anak, meditasi pada anak juga berguna untuk melatih mental dan fisik anak, sehingga risiko anak mengalami stres akan berkurang. Meditasi pada anak juga bisa memperkuat kontrol diri pada anak dan juga berguna sebagai pembangun karakter sejak dini.

Dengan meditasi, anak bisa lebih mengenal dirinya sendiri dan ketenangan dari meditasi. Hal ini bisa membantu membentuk karakter baik dalam diri anak. Dibiasakan melakukan meditasi secara teratur bersama orangtua bukan hanya meningkatkan disiplin waktu pada diri anak, tapi juga bisa memperkuat hubungan antar anggota keluarga.

Karakter yang tertanam pada diri anak sejak dini, akan berkembang seiring bertambahnya usia yang ia miliki. Oleh karena itu, karakter baik bisa menjadi modal untuk anak Anda agar tumbuh sebagai anak yang berkepribadian baik. Kedisiplinan dalam diri anak akan hadir ketika anak dengan tanpa sadar mendapat rasa tenang sesudah melakukan meditasi. Anak akan mengerti bahwa membuang waktu bukanlah hal yang baik. Hal ini terbukti dari sebuah sekolah di Baltimore, Maryland yang menerapkan “hukuman” meditasi pada siswanya yang melanggar kedisiplinan sekolah.

Hukuman ini ternyata berpengaruh pada anak yang sudah menjalani hukuman. Setiap anak yang penah dihukum ke ruang meditasi, tidak lagi pernah melanggar kedisiplinan sekolah. Berikut meditasi yang bisa Anda ajarkan kepada anak-anak Anda :

  1. Bernapas

Teknik ini sangat mudah ditiru oleh anak-anak. Anda bisa memberikan contoh terlebih dahulu untuk kemudian ditirukan oleh anak Anda.

  1. Mendengar

Anda bisa mengajak si kecil untuk berbaring atau duduk sambil mendengar musik meditasi, seperti suara air, suara jangkrik atau suara kicauan burung.

  1. Bergerak

Lakukan gerakan ringan, seperti berdiri kemudian mengangkat kedua tangan ke depa, ke atas, lalu ke bawah dengan perlahan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here