Melatih Otak Cintai Makanan Sehat

Jika terlalu sering mengonsumsi makanan tidak sehat dan berkalori tinggi, mulailah melatih otak untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Apa yang kita makan tentunya akan berpengaruh pada kondisi kesehatan kita nantinya. Hasil penelitian yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Nutrition and Diabetes yang melibatkan studi pemindaian otak pada pria dan wanita dewasa menunjukkan bahwa, mungkin untuk membalikkan kekuatan adiktif dari makanan yang tidak sehat sementara juga meningkatkan preferensi untuk makanan sehat.

Sebagian wanita melakukan diet dengan tujuan mengendalikan berat badan agar tetap ideal. Namun, kadang godaan untuk mengonsumsi makanan seperti gorengan atau junk food membuat proses ini jadi lebih sulit. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di USDA Human Nutrition Research Centre di Penuaan di Tufts University di Amerika telah menemukan bahwa untuk hidup sehat, jawabannya bisa lebih mudah dari yang kita duga. Ini hanya masalah bagaimana kita melatih otak kita untuk menghentikan keinginan makanan kalori tinggi. Lalu, bagaimana kita melatih otak untuk mencintai makanan sehat?

Ubah mindset

Rencana pola hidup yang tepat harus diawali niat dengan mengubah mindset agar prosesnya lebih lancar. Berilah motivasi dalam pada diri Anda sendiri bahwa memilih makanan sehat bukan hanya untuk mendapatkan tubuh langsing saja, tapi juga demi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Ubah kebiasaan

Telat makan dan pola makan yang tidak teratur ternyata bisa jadi salah satu hal yang memicu konsumsi junk food. Ketika Anda melewatkan waktu makan tertentu, perut akan terasa lebih lapar dari biasanya. Hal ini membuat Anda cenderung menginginkan sesuatu yang cepat tersaji, dan junk food biasanya menjadi pilihan alternative dikala Anda lapar seperti itu. Maka dari itu, biasakan makan tepat waktu dan teratur untuk mencegah hal ini terjadi.

Jika tidak suka makanan tertentu, jangan memaksakan diri

Jika Anda tidak suka jenis sayuran atau buah-buah tertentu, jangan terlalu memaksakan diri. Anda bisa mencari alternatif makanan lain atau memodifikasi makanan tersebut dengan cara memasak atau penyajian yang lebih Anda suka.

Banyak minum

Jika mengalami dehidrasi, Anda akan kekurangan energi dan keinginan untuk makan junk food cenderung meningkat. Maka dari itu, pastikan tubuh selalu terhidrasi.

Pilih menu makan yang lebih sehat

Saat memilih makanan, fokuslah pada jenis apa jenis makanan apa saja yang bisa memberi manfaat pada kesehatan tubuh. Anda juga bisa berkreasi dan memodifikasi jenis makanan yang Anda inginkan agar sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Misalnya, jika Anda sering membeli makan dari luar, Anda bisa membuat makanan sendiri di rumah dengan komposisi bahan yang lebih menyehatkan. Anda juga perlu fokus pada manfaat gizi dari makanan yang Anda pilih dan anggaplah itu sebagai investasi jangka panjang untuk kesehatan Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY