Melindungi Kulit Luar Dalam

SehatFresh.com – Kulit adalah salah satu organ paling besar dan kompleks, yang berfungsi melindungi organ dan jaringan yang ada di baliknya. Agar tetap sehat, kulit butuh perlindungan dari paparan lingkungan, termasuk paparan sinar radiasi ultraviolet (UV) yang bisa menyebabkan sejumlah masalah pada kulit.

Semua orang, perlu mempertimbangkan kebutuhan perlindungan menyeluruh terhadap berbagai efek berbahaya dari sinar UV, mulai dari kulit kusam, hiperpigmentasi, penuaan dini bahkan kanker kullit. Ada beberapa faktor internal dan eksternal yang bisa membantu kita untuk melindungi kulit dari paparan lingkungan.

Pola makan sehat

Sel-sel kulit membutuhkan air untuk berfungsi optimal. Menjaga tubuh tetap akan membuat kulit bercahaya. Minum banyak air juga dapat membantu mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat. Selain air, ada beberapa nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

  • VitaminE seperti yang terkandung dalam alpukat dan biji bunga matahari,memiliki antioksidan yangmembantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparansinar UV.
  • Likopen yang terkandung dalam tomat dan semangka, merupakanantioksidanyang membantumencegahkerusakan kolagen.
  • Katekin, yang ditemukan dalam tehhijau, adalah senyawaanti-inflamasi dananti-kanker yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
  • Biotin yang ditemukan dalam telur, oatmeal, pisang danberas, adalahkelompok vitaminByang penting untuk pentingpertumbuhan kulit, rambut dankuku.
  • Alpukatdan kelapamengandung lemaksehat yangdapatmembantu menjagakulit tetap lembut. Menurut Linus Pauling Institute, lemak tak jenuh gandadalam alpukatbahkan dapat membantumelindungi kulitdarikerusakan akibat sinar matahari,.

Bijak pakai kosmetik

Paraben dan phthalates hanyalah dua contoh dari bahan-bahan berbahaya yang ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit saat ini. Kedua bahan kimia ini dapat keseimbangan hormon, yang pada gilirannya bisa mengarah ke perkembangan tumor.

Karena kebanyakan kosmetik mengandung paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya, segera cuci muka setelah selesai menggunakan make-up agar kulit bisa bernapas setelah seharian terlapisi oleh make-up. Hindarilah menggunakan make-up yang terlalu tebal, apalagi dalam jangka waktu yang lama atau sering.

Bagaimana dengan tabir surya?

Cara paling populer untuk membantu mengurangi paparan sinar matahari ke kulit adalah memakai tabir surya. Tabir surya akan membantu mengurangi paparan sinar UV ke kulit. Namun, penggunaan krim tabir surya harus disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan. Ketika membeli tabir surya, carilah produk yang tidak menggunakan PABA, avobenzone, benzofenon dan ethoxycinnamate, karena semua bahan tersebut dikenal generator radikal bebas. Pilih produk yang mencantumkan zinc oxide sebagai bahan aktif utamanya. Oleskan tabir surya pada kulit setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan serta aplikasikan ulang pada kulit setiap dua jam sekali. Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari pada pukul 10-14 siang atau ketika matahari sedang terik-teriknya.

Sumber gambar : SehatFresh.comĀ 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY