Memahami Kalori Dalam Makanan

SehatFresh.com – Berbicara mengenai makanan tidak pernah lepas dari kandungan dan nilai gizi serta kalori yang terdapat dalam makanan. Kalori yang berasal dari apa yang Anda makan atau minum setiap hari berperan dalam status berat badan dan kesehatan Anda. Kalori yang Anda konsumsi setiap hari membantu tubuh dalam memroduksi energi. Kalori merepresentasikan unit energi. Makanan sangat penting bagi tubuh agar fungsi-fungsinya dapat berjalan dengan baik. Kalori bersumber dari zat gizi makro penting seperti protein, karbohidrat dan lemak.

Asupan kalori harian harus menyediakan energi yang cukup bagi tubuh Anda agar tetap berfungsi dengan baik ketika sedang beristirahat, mencerna makanan dan melakukan aktifitas fisik. Kelebihan kalori menyebabkan kenaikan berat badan, sementara tidak cukup kalori menyebabkan Anda menjadi kurus. Maka dari itu, asupan kalori yang cukup tidak berlebihan dapat membantu menjaga keseimbangan energi dalam tubuh. Porsi makan yang kebesaran dan terlalu banyak mengonsumsi junk food umumnya menjadi alasan mengapa asupan kalori menjadi berlebih.

Untuk menentukan kebutuhan kalori yang tepat untuk masing-masing individu, dibutuhkan perhitungan oleh ahli. Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, antara lain faktor usia, kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktifitas. Sebagai panduan, rata-rata kebutuhan laki-laki dewasa adalah 2500 kkal (10500 kJ) dan untuk perempuan dewasa adalah 2000 kkal (8400 kJ) untuk mempertahankan berat badan pada tingkat yang ideal.

Mengetahui berapa banyak kalori dalam makanan dapat membantu dalam mengatur berapa banyak kebutuhan energi untuk memperoleh berat badan optimal. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, hal yang harus Anda lakukan adalah mengurangi kalori. Begitu juga sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan berat badan, perlu dilakukan penambahan kalori.

Dalam mengontrol asupan kalori, sangat penting untuk membaca informasi nilai gizi pada label makanan. Pada label makanan, biasanya akan tertera berapa banyak kalori yang terdapat dalam 100 gram makanan atau 100 ml minuman. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan kalori yang terdapat pada produk yang berbeda. Banyak juga label gizi yang menyajikan kandungan kalori dalam satu porsi makanan. Namun perlu diingat bahwa satu porsi makanan tidak sama untuk setiap orang, jadi bisa saja Anda membutuhkan jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit.

Semua makanan pada dasarnya menghasilkan kalori dan semua kalori menghasilkan energi. Namun tidak semua kalori membawa nutrisi yang baik bagi tubuh. Pasalnya, ada juga beberapa makanan yang mengandung kalori kosong, ini berarti hanya sedikit atau tidak ada manfaat nutrisinya sama sekali. Maka dari itu, Anda perlu bijak dalam dalam memilih sumber kalori yang sehat dan tepat bagi tubuh Anda.

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, kini telah banyak terdapat literatur, majalah, serta website referensi kesehatan yang memuat tentang informasi jumlah kalori dalam makanan tertentu dan menginformasikan penjabaran nutrisi pada label makanan kemasan. Hal ini tentunya sangat memudahkan untuk mengetahui kalori pada makanan yang Anda konsumsi. Mengetahui jumlah kalori dalam makanan merupakan salah satu langkah awal untuk bisa menjaga asupan makanan agar berat badan tetap pada tingkat yang ideal.

Sumber gambar : intisari-online.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY