Memahami Perkembangan Masa Kanak-kanak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memahami perkembangan anak merupakan hal yang tiada habisnya untuk dibahas. Sebagai orang tua tentunya harus memahami tahap perkembangan anak dan cara penanganan jika terjadi masalah di masa perkembangan dan pertumbuhannya.

Tidak hanya orang tua, keluarga dan guru juga tentunya harus memahami masa perkembangan pada anak. Hal ini dikarenakan masa anak apalagi pada anak usia dini merupakan masa yang penting dalam perkembangan anak itu sendiri.

Proses perkembangan pada anak-anak didasari pada aspek perkembangan fisik yang meliputi perkembangan dari motorik halus dan motorik kasar serta perkembangan sosioemosionalnya, bahasa dan juga perkembangan kognitifnya. Dengan mengetahui perkembangan pada anak-anak maka akan memberikan pengertian dan pemahaman pada diri sendiri. Selain itu juga menjadi tahu untuk memberikan layanan edukasi secara optimal.

Anak usia dini merupakan masa yang penting bagi anak-anak. Pengalaman pada masa anak usia dini akan membawa akibat pada masa kehidupan yang akan datang. Sehingga masa anak usia dini ini merupakan masa emas karena anak akan mulai sensitif terhadap berbagai rangsangan, setiap anak secara individual akan mempunyai tingkat perkembangan kepekaan yang berbeda-beda seiring perkembangan dan pertumbuhan masing-masing.

Perkembangan dan pertumbuhannya mempunyai keterikatan dengan perkembangan psikisnya sehingga tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dan pertumbuhan anak secara menyeluruh.

Pada masa emas tersebut anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan kognitif, motoriknya, perkembangan emosinya dan perkembangan sosialnya. Masa ini terjadi pada usia 0 sampai 8 tahun, namun puncak keemasan perkembangan dan pertumbuhan anak adalah pada usia 3 tahun. Dan pada periode berikunya tidak terjadi perkembangan yang besar. Masa keemasan dalam perkembangan dan pertumbuhan ini merupakan waktu yang singkat.

Saat anak usia 3 tahun, anak akan mulai banyak ingin tahu benda-benda disekitarnya, ingin mengetahui apa yang dilihat dan didengar olehnya, ingin tahu apa yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya. Pada masa ini anak juga akan mulai meniru apa yang dilihat dan didengarnya. Oleh karena itu, pada masa keemasan ini, sebagai orang tua harus melakukan upaya rangsangan yang maksimal agar anak tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Dalam perkembangan anak juga didasari bagaimana peran orang tua dalam mengasuh danmengajarkan oengetahuan untuk membentuk anak menjadi anak yang memiliki emosional, kognitif, sosial dan fisik saat anak tumbuh remaja. Orang tua hendaknya memberikan perhatian khusus pada usia penting dalam perkembangan seorang anak karena nantinya  akan memberikan pengaruh pada perkembangan dan kehidupan anak dimasa berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here