Membakar Makanan Terlalu Gosong Picu Kanker

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah di antara pembaca ada yang memiliki kegemaran menyantap makanan-makanan yang pembuatannya dengan cara dibakar? Tidak dipungkiri jika makanan yang dibakar mempunyai rasa khas dengan aroma yang cukup menggoda. Membakar sate, daging, ikan atau ayam pasti menggugah selera siapa pun yang melihatnya. Namun tahukah anda jika membakar makanan yang terlalu gosong dapat memicu kanker?

Definisi penyakit kanker

Menurut Sukardja (2000) kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Kanker juga bisa diartikan sebagai kumpulan sel abnormal yang tumbuh secara tidak terbatas, terus-menerus, tidak terkoordinasi, dan tidak berfungsi fisiologis.

Bahaya membakar makanan terlalu gosong

Para ilmuwan beranggapan jika olahan makanan dengan cara dibakar atau bahkan terlalu gosong bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan manusia. Tidak tanggung–tanggung bahwa resiko yang mengancam kesehatan adalah penyakit mematikan, yakni kanker.

Mengkonsumsi makanan dengan cara dibakar, bisa menyebabkan tertelannya bagian yang gosong. Dan bagian yang gosong itu dapat memicu masalah bagi kesehatan tubuh. Di rangkum dari berbagai sumber, berikut ini bahaya mengkonsumsi makanan yang dibakar bahkan terlalu gosong setiap hari.

  • Dapat menyebabkan Kanker. Sering mengkonsumsi makanan yang dibakar atau bahkan terlalu gosong dapat menyebabkan resiko terkena kanker. Secara khusus adalah kanker saluran cerna bagian atas. Jenis kanker tersebut bisa tumbuh serta berkembang di kerongkongan atau rongga mulut.
  • Dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Makanan yang pengolahannya dibakar atau bahkan hingga gosong, rupanya sulit dicerna. Alhasil bisa menyebabkan kerja lambung memberat. Hal tersebut tentu saja menjadi pantangan seseorang yang mempunyai penyakit maag atau lambung, karena bisa menyebabkan asam lambung naik.
  • Makanan mengandung hidrokarbon serta partikel berbahaya. Pembakaran barang apapun bisa mengakibatkan munculnya partikel atau hidrokarbon yang bisa membahayakan kesehatan seseorang. Bayangkan apabila partikel berbahaya tersebut masuk ke tubuh manusia, tentu saja akan memberikan dampak buruk.
  • Memiliki suhu tinggi. Heterocyclic amines (HCAs) merupakan senyawa kimia yang akan muncul pada daging yang dimasak dengan suhu tinggi. Daging yang dibakar hingga berwarna kehitaman, rupanya mengandung HCAs yang cukup banyak. Alhasil guna mengurangi resiko kanker, dianjurkan memperhatikan suhu serta lama memasaknya.

Tips aman mengkonsumsi dan mengolah makanan yang dibakar

Bagi pembaca yang memang memiliki kegemaran mengkonsumsi makanan yang dibakar, maka perlu mengetahui beberapa tips berikut ini agar terhindar dari dampa negatif pada kesehatan.

  1. Perlu menghindari bagian yang gosong dari makanan yang dibakar.
  2. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dibakar.
  3. Perlu memilih daging yang tidak terlalu berlemak.
  4. Menggunakan api kecil dalam proses pembuatannya.
  5. Merendam terlebih dahulu daging di dalam bumbu.
  6. Perlu dihindari pengolahan daging yang terlalu lama dengan temperatur tinggi.
  7. Perlu menghindari penggunaan daging olahan untuk dibakar.
  8. Perlu memperhatikan tata cara pengolahan yang baik. (APt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY