Membedakan Es Batu yang Menggunakan Air Mentah dan Matang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika musim panas tiba, minuman yang paling dicari adalah minuman dingin. Banyaknya penggunaan es batu pada sehari hari membuat para produsen es batu memasok dan membuat banyak es batu. Berbicara tentang pembuatan es batu, sebaiknya mulai sekarang anda hati-hati ketika membeli es batu. Karena ada yang membuat es batu berbahaya dimana menggunakan air mentah.

Padahal es batu yang aman adalah es batu yang dibuat menggunakan air yang matang. Beberapa produsen memilih menggunakan air mentah karena tidak harus memasak air terlebih dahulu sehingga dengan cepat menghasilkan es batu banyak tanpa memperhatikan keamanannya. Lalu bagaimana cara membedakan es batu dengan air mentah dan es batu yang dibuat dari air matang?

Agar anda tidak bingung serta tidak terjebak dalam membeli es batu, berikut ciri-ciri yang dapat anda pahami untuk membedakan es batu yang menggunakan air mentah dengan es batu yang menggunakan air matang:

  • Es batu dengan air matang

Untuk es batu yang dibuat dari air matang sangat mudah dibedakan. Es batu dengan air matang ini warnanya bening dan jernih serta hanya terdapat sedikit gelembung. Jumlah gelembung pada es batu air matang terjadi karena air yang digunakan sudah melalui proses pemasakan atau air sudah direbus sehingga gas-gas yang terdapat dalam air sudah terlepas ketika proses perebusan.

Oleh karena itu sedikit sekali gas atau gelembung yang terjebak dalam air yang membeku. Selain itu, es dengan air matang biasanya ditemukan dalam bentuk cube kecil atau bungkusan plastik kecil, baunya terasa segar, bersih tidak ada kotoran, serta ketika anda mencicipi rasanya akan seperti air minum biasa karena airnya matang.

  • Es batu dengan air mentah

Berbanding terbalik dengan es air matang, es dengan air mentah akan berwarna putih karena kandungan gas-gas atau gelembung di dalamnya lebih banyak. Dimana es tersebut airnya tidak direbus terlebih dahulu.

Es batu air mentah umumnya dijual dalam bentuk balok-balok besar, baunya kurang segar dibanding es batu air matang, terdapat kotoran di dalamnya serta bila dicicipi akan terasa pahit. Dan yang berbahaya es batu air mentah bisa saja mengandung bakteri berbahaya E. Colli yang dapat menganggu kesehatan tubuh kita. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here