Membentuk Karakter Positif Remaja Melalui Kegiatan Outdoor

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi orang tua, harus dipahami bahwa karakter positif tidak hanya dibentuk di sekolah dan di rumah. Lebih dari itu, kegiatan di luar rumah atau outdoor ternyata juga bisa memberikan dampak positif dalam membangun karakter bagi anak. Karakter positif yang terbentuk dari kegiatan outdoor tersebut tentu saja menjadi nilai tambah di samping kecerdasan  dan kemampuan secara kognitif.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Experimental Psychology menyatakan bahwa kegiatan di luar dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam menemukan ide- ide baru.

Tentu saja kreatifitas anak tersebut berguna sebagai bekal dalam menjalani hari- harinya. Bagaimana anak secara kreatif menemukan solusi dari masalah dan persoalan yang dihadapi serta bagaimana anak dapat menghadapi kesulitan baik di dalam pelajaran, pergaulan dan lain sebagainya.

Selain itu, sebuah penelitian dari Glasgow University menyatakan bahwa aktifitas di luar ruangan yang dilakukan di sekitar pepohonan dapat menurunkan level stress anak. Oleh karena itu, tidak jarang ketika di sekolah, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan di luar kelas seperti misalnya menanam pohon atau tanaman bunga di taman sekolah. Mungkin juga dilakukan kegiatan outbond yang diikuti oleh siswa.

Seorang anak yang aktif dalam kegiatan outdoor biasanya akan tumbuh menjadi seorang dengan berbagai kelebihan yaitu kreatif, bisa megambil keputusan dan lain sebagainya. Bahkan, kegiatan di luar ruangan tersebut bisa membentuk karakter anak untuk mandiri dan memiliki kompeten. Contohnya adalah ketika anak mengikuti kegiatan camping atau hiking. Dalam hal ini, anak yang cenderung manja akan berusaha untuk lebih mandiri. Karena dalam kegiatan tersebut mereka harus melakukan banyak hal tanpa bantuan orang tua. Di saat itulah mereka juga akan berusaha untuk bekerja sama dengan teman, misal dalam mendirikan tenda, memasak dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua, Anda juga bisa turut berperan serta dalam kegiatan anak di luar ruangan. Apabila Anda seorang yang sibuk dalam pekerjaan, hal tersebut bisa memberikan manfaat bagi Anda dan anak untuk menjalin hubungan yang lebih dekat. Anda bisa memilih berbagai kegiatan positif seperti bersepeda bersama, bermain layang- layang, sepakbola dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menanamkan kecintaan anak kepada mahluk hidup lain seperti mengunjungi kebun binatang di hari libur. Selain memberikan pengetahuan, rasa cinta dan kasih yang dimiliki anak juga akan terus tumbuh seiring bertambah usianya. Hal tersebut tentu saja akan berguna di masa depannya.

Karena banyak sekali manfaat mengikuti kegiatan di luar rumah atau outdoor, orang tua hendaknya bisa mendukung dan memberikan kepercayaan kepada anak agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi dengan karakter kuat dan positif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here