Membiasakan Berhenti Merokok Dengan Berpuasa

SehatFresh.com – Puasa Ramadhan memang pada dasarnya dilakukan dalam rangka ibadah untuk mencapai perubahan diri yang lebih baik. Namun, karena banyaknya manfaat yang bisa diambil dari berpuasa, Anda dapat juga membuat semacam evaluasi kesehatan setelah bulan puasa. Salah satunya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Berhenti merokok pada orang-orang yang sudah lama memiliki kebiasaan tersebut memang bukanlah hal yang mudah. Namun, Anda bisa memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai momen yang tepat untuk mulai membiasakan diri agar bisa berhenti merokok.

Bahaya merokok pastinya bukan hal yang asing lagi. Merokok dapat meracuni paru-paru. Zat nikotin dari rokok akan menodai paru-paru Anda, yang kemudian akan menyebabkan banyak risiko kesehatan seperti bronkitis, radang paru-paru akut atau pneumonia hingga kanker paru-paru, mulut dan saluran pernapasan. Asap rokok mengandung 4.000 jenis zat kimia, yang mana 400 jenis di antaranya merupakan zat beracun dan 43 di antaranya dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Bulan puasa bisa Anda jadikan momen penting dalam hidup Anda, di mana Anda memutuskan untuk berhenti merokok. Mungkin hal tersebut memang tidak mudah, tapi puasa akan membantu memotivasi Anda untuk setidaknya mengurangi takaran rokok yang Anda habiskan setiap harinya. Selama bulan suci Ramadhan, perokok yang berpuasa tentunya membiasakan diri untuk berhenti merokok mulai dari sahur sampai berbuka. Kebiasaan ini bisa dilanjutkan hingga sahur berikutnya sehingga perlahan-lahan dapat mengurangi kebiasaan merokok. Namun, usaha ini tentunya harus disertai dengan niat yang kuat agar dapat menolak godaan untuk mulai merokok kembali setelah tidak berpuasa.

Menghentikan kebiasaan merokok sebaiknya bisa dilanjutkan setelah bulan Ramadhan. Berhenti merokok di bulan Ramadhan akan memberi manfaat bagi kesehatan dan kehidupan serta lingkungan. Para ahli setuju bahwa keputusan untuk berhenti merokok diambil saat para perokok benar-benar merasakan keinginan untuk perubahan. Hal ini dikarenakan para perokok merasa dirinya terancam oleh kebiasaan merokok dan mereka percaya bahwa menjauh dari rokok akan memberi manfaat yang signifikan baginya.

Lakukanlah sesuatu yang menyehatkan jiwa raga untuk mengalihkan keinginan merokok. Kegiatan yang paling baik adalah beribadah, salat tarawih dan berolahraga. Dengan mengalihkan perhatian, Anda pasti bisa melawan dorongan untuk mulai merokok kembali. Bila Anda dapat mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik dan sehat, lebih dapat mengendalikan diri dalam segala hal, seperti dalam hal makan atau meluapkan emosi, tentunya hidup akan terasa lebih nyaman, tentram dan bahagia. Hal ini tentunya meningkatkan kualitas hidup Anda baik secara jasmani maupun rohani.

Sumber gambar : ibrahimradio.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY