Memilih Minyak Yang Sehat Untuk Memasak

SehatFresh.com – Tubuh membutuhkan sejumlah lemak untuk dapat berfungsi dengan baik. Ketimbang lemak trans, memilih lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk otak, jantung, sel, paru-paru dan sistem kekebalan tubuh. Menghindari lemak trans bisa dilakukan dengan memilih jenis minyak yang lebih sehat untuk memasak. Selain minyak goreng yang biasa digunakan, ada beberapa jenis minyak sehat yang bisa digunakan untuk mengolah makanan Anda sehingga nutrisinya lebih terjaga.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, yang melindungi jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Minyak jenis ini memiliki rasa yang kuat yang menambahkan rasa yang berbeda untuk makanan yang Anda sajikan. Pilihlah minyak zaitun yang berjenis virgin olive oil, karena mengandung lemak sehat lebih tinggi. Saat menggunakannya untuk menggoreng, jangan dituangkan secara penuh, tetapi gunakan sedikit atau sebatas untuk mematangkan makanan

  • Minyak kanola

Dengan rasa lebih ringan dari minyak zaitun, minyak kanola juga merupakan pilihan yang baik untuk menumis dan memanggang. Di samping itu, minyak kanola juga mengandung lemak sehat seperti halnya dengan lemak yang terkandung dalam minyak zaitun. Minyak kanola juga tinggi akan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Ketika memanfaatkannya untuk menggoreng, gunakan trik minyak sedikit atau mirip seperti menumis. Penyerapan panas yang tinggi akan membuat makanan cepat matang, dan masaklah dengan api sedang.

  • Minyak kedelai

Sebagian besar minyak nabati yang dibuat dengan kedelai merupakan sumber yang baik untuk asupan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan jantung. Minyak kedelai memiliki titik asap menengah, ini menjadikannya ideal untuk menumis. Minyak jenis ini tidak memiliki rasa yang kuat, sehingga tidak akan mengubah rasa makanan ketika digunakan untuk memasak.

  • Minyak kenari (walnut)

Kenari merupakan sumber yang baik dari omega-3. Ini berarti menggunakan minyak kenari saat memasak dapat melindungi jantung dan otak serta berperan dalam menjaga mood dan mencegah depresi. Rasa minyak kenari membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memanggang. Ini juga merupakan tambahan yang lezat untuk bumbu-bumbu dan dressing, dan ideal untuk mengolah sayuran dan makanan laut. Bila menggunakan minyak ini untuk menggoreng, gunakan sedikit saja. Hal ini dikarenakan supaya tidak menghasilkan lemak jenuh selama proses pemanasan, yang justru tidak baik bagi kesehatan.

  • Minyak wijen

Rasa minyak wijen cocok untuk hidangan Asia, terutama tumisan. Titik asap menengah membuatnya ideal untuk menumis dan memanggang makanan. Minyak wijen hampir sama dengan minyak sehat lainnya dalam hal kandungan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal, yang juga memberikan kontribusi untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko kadar kolesterol tinggi.

Sumber gambar : www.gitanews.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY