Memilih Tas Sekolah Yang Baik

SehatFresh.com – Tas menjadi barang yang wajib dibawa ke sekolah. Tas yang sesuai dan pas digunakan untuk sekolah adalah tas ransel. Ini dikarenakan tas ini mendistribusikan berat tas pada dua bahu sehingga beratnya terbagi dengan seimbang. Kendati demikian, cedera seperti tegang pada otot leher dan bahu bisa terjadi bila tas tersebut tidak dikenakan dengan benar. Anak-anak sangat rentan terhadap cedera ini karena tubuh mereka masih berkembang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sakit leher atau sakit tulang punggung pada anak-anak kebanyakan disebabkan pemakaian tas punggung yang kurang tepat. Sakit karena ketidakseimbangan otot seperti ini dapat menyebabkan masalah postur jika dibiarkan. Maka dari itu, berikut beberapa pertimbangan sederhana dalam hal memilih tas sekolah yang baik untuk anak Anda.

Brand import atau terkenal tidak menjamin sepenuhnya kualitas baik, hal yang lebih penting dari itu :

  1. Pilihlah tas punggung dengan dua tali yang dapat disesuaikan. Pilih juga tas dengan tali bahu yang disertai bantalan empuk untuk mengurangi ketidaknyamanan pada bahu.
  2. Untuk mengurangi risiko cedera, penting untuk memastikan ukuran tasnya juga. Menurut Kathryn Mc Leodof Pediatricsand Adolescent Medicinedi Georgia Health Sciences System, ukuran tas sebaiknya tidak lebih dari 75persen dari panjang punggung anak (sekitar daerah antara pinggang dan bahu).

Bahkan, tas yang diklaim paling ergonomis dan pas bisa menjadi bahaya jika tidak dipakai dengan benar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Kebanyakan dokter anak dan ahli terapi fisik setuju bahwa berat tas seharusnya tidak lebih berat dari 15persen dari berat badan anak. Misalnya, jika berat badan anak30kilogram, maka bebannya4,5kilogram.
  2. Terkadang, anak-anak sering mengenakan tas dengan menaruh kedua tali tas pada satu bahu. Untuk menghindarikemungkinan cedera, orang tua harus menunjukkancara pemakaian tas yang tepat pada anak-anak mereka. Ini pentinguntukmenghindari penempatan bebanterlalu banyak tekanan padasatusisi tubuh.
  3. Letakkan barangterberatdengan dengan punggung. Jika tersedia, gunakan talipingganguntuk membantumendistribusikan bebanlebih merata. Ketika dipakaidengan benar, tasharus beradameratadi tengah-tengahpunggung.

Bagaimana dengan tas selempang?

Pada tas selempang, penampatan beban hanya pada satu sisi tubuh. Ini bisa menyebabkan nyeri dan mengakibatkan proporsi tubuh yang tidak seimbang, yang pada gilirannya mengarah pada masalah postur tubuh. Ketika mengenakan tas selempang, sebaiknya digunakan secara bergantian antara bahu kanan dan kiri.

Sumber gambar : www.matahari.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY