Memperingati Hari Diabetes Sedunia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hari diabetes dunia yang jatuh pada tanggal 14 november setiap tahunnya adalah hari yang digunakan untuk mengingatkan atau memperingati adanya penyakit diabetes di dunia. Kenapa harus ada hari diabetes sedunia?

Sebelum menjelaskan kenapa harus ada hari diabetes dunia, akan lebih baik lagi jika anda mengenal terlebih dahulu apa itu penyakit diabetes. Penyakit diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (sebuah hormon yang bertugas mengatur gula darah dalam tubuh) atau tubuh tidak menghasilkan insulin dalam kadar cukup atau bisa jadi karena insulin tidak bekerja dengan baik. Dengan adanya keadaan tersebut maka orang dengan diabetes gula darahnya juga tinggi.

Penyakit diabetes ini juga salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian karena banyak penderitanya. Bisa kita lihat pada tahun 2014 lalu diperkirakan lebih dari 340 juta orang di dunia akan hidup dengan diabetes. Sedangkan Indonesia sendiri menduduki posisi ke empat di ASIA dan ke tujuh di dunia dengan penderita diabetes terbanyak. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan antara tahun 2005 hingga 2030 akan terus ada peningkatan orang yang meninggal karena kasus diabetes.

Dilihat dari kasus di atas maka badan kesehatan dunia atau WHO bersama dengan International Diabetes Federation (IDF) menetapkan adanya hari diabetes dunia guna untuk mengkampanyekan kesadaran atas adanya peningkatan penyakit diabetes setiap tahunnya.

Sedangkan penentuan kenapa hari diabetes dunia ditetapkan pada tanggal 14 november yaitu terkait dengan adanya hari penting dalam sejarah diabetes. Pada tanggal 14 november tersebut merupakan tanggal lahir penemu insulin yaitu dokter Frederick Banting bersama dengan rekannya yaitu Charles Best. Sejak ditemukannya insulin oleh para ilmuwan tersebut kini para penderita penyakit diabetes terselamatkan.

Adanya peringatan hari diabetes sedunia sendiri bertujuan untuk mengkampanyekan tentang pencegahan dan penanganan diabetes ke semua generasi agar mengecilkan angka kejadian diabetes di dunia sehingha angka harapan hidup juga akan tinggi.

Salah satu kampanye yang dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. Tujuan dari edukasi tersebut yaitu agar kesadaran masyarakat meningkat akan adanya resiko diabetes dan tanda dini. Kesadaran yang tinggi juga harus disertai dengan perubahan pola hidup yang baik sehingga masayarakat akan terhindari dari diabetes.

Tak hanya edukasi pencegahan pada masyarakat yang tidak terkena diabetes. Pada hari diabetes dunia juga diadakan edukasi tentang penanganan diabetes bagi masyarakat yang menderitannya. Sehingga masyarakat dapat menangani dabetes yang dialami serta mencegah terjadinya komplikasi terhadap penyakit lainnya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here