Memperkenalkan Bra Pada Remaja

SehatFresh.com – Pada dasarnya, pertumbuhan payudara pada remaja putri berlangsung bertahap bermula tonjolan kecil lalu tumbuh membesar secara perlahan. Tidak ada patokan waktu berapa lama payudara tumbuh menjadi sempurna. Meski payudara baru tumbuh, tetap tidak akan terlepas dari gaya tarik gravitasi bumi. Bila tidak diberi penyangga yang sesuai, payudara bisa tidak tumbuh sesuai pada tempatnya. Membentuk payudara sebaiknya dilakukan sedini mungkin saat sudah mulai tumbuh. Idealnya, sejak payudara mulai terlihat pertumbuhannya, segera perkenalkan remaja putri Anda dengan miniset atau bra.

Pilih miniset atau bra?

Kebutuhan memakai miniset atau BH (breast holder) atau bra tergantung kondisi payudara anak. Bila payudara anak masih kecil baru berupa tonjolan puting, pemakaian miniset sudah cukup. Bila ukuran payudaranya sudah agak membesar, maka sudah saatnya anak diperkenalkan pada bra.

Pemilihan bra harus sesuai lingkar dada dan ukuran cup. Lingkar dada diukur dalam satuan nomor atau angka, misalnya 32, 24 atau 36 inci. Sementara itu, ukuran cup payudara ditandai dengan huruf seperti A, B, C, D. Selain itu, tali bra (strap) harus dapat diatur dengan mudah. Usahakan untuk tidak memilih tali yang terlalu lebar, terlalu panjang atau terlalu pendek. Jangan pula memilih tali yang terlalu longgar atau terlalu ketat. Tali harus elastisĀ agar ketika dipakai tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan payudara untuk remaja putri. Karena payudaranya masih dalam masa pertumbuhan, maka tidak disarankan untuk memilih bra dengan kawat. Pasalnya, volume payudara yang disangga tidak seberat atau sebesar wanita dewasa sehingga kawat tidak dibutuhkan. Bra yang dipilih juga sebaiknya berbahan katun yang sifatnya menyerap keringat. Tidak disarankan memilih bra dari bahan nylon yang panas, karena dapat menyebabkan payudara mudah berkeringat. Akibatnya, payudara menjadi mudah lembab dan menjadi tempat jamur berkembang biak.

Pemilihan bra hendaknya tidak berdasarkan warna, brand, model, motif dan desain saja. Tidak salah mempertimbangkan hal-hal tersebut untuk gaya, namun jangan sampai selera pribadi membuat kualitas barang yang dibeli tidak sesuai harapan. Peran orangtua sangatlah penting dalam mengarahkan dan memberi penjelasan pada anak perempuannya yang beranjak remaja tentang perubahan-perubahan fisiknya dan apa yang harus mereka lakukan. Pertumbuhan payudara bagi remaja adalah hal baru. Hal ini bisa memunculkan perasaan risih dan malu, bila mereka tidak tahu bagaimana cara menyikapinya.

Sumber gambar : plus.kapanlagi.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY