Mempersiapkan Diri Menghadapi Menopause

SehatFresh.com – Menopause atau masa berhentinya menstruasi adalah salah satu masa yang paling bisa membuat hati wanita gelisah. Terkadang, menopause dapat menggusarkan bahkan menghancurkan suasana hati yang mengalaminya. Bahkan, masa menjelang menopause bisa berdampak pada penurunan konsentrasi serta membuat depresi dan cemas. Dampak buruk tersebut jika dibiarkan terlalu larut dapat mengacaukan kestabilan emosi Anda.

Beberapa waktu sebelum menopause, tingkat hormon akan berkurang. Hal ini mengakibatkan fluktuasi dalam gejala-gejala yang dialami wanita. Gejala umum seperti pendarahan daerah vagina dan rasa panas akan datang silih berganti. Tidak ada waktu yang pasti kapan gejala-gejala tersebut akan berhenti. Beberapa wanita akan mengalami gejala ini selama lebih dari 10 tahun dalam hidup mereka. Ketika Anda mengalami gejala-gejala berkurangnya hormon, Anda mungkin merasa murung. Hal ini bisa mengakibatkan kerapuhan emosional dan perasaan rendah diri.

Wanita memang akan mengalami penurunan aktifitas reproduksi dan kecantikannya saat menopause datang. Namun, hal tersebut bukan berarti mengharuskan Anda untuk berkecil hati dan tidak mampu mengontrol emosi. Sebaliknya, masa tersebut justru harus Anda sambut dengan lapang dada. Untuk menguatkan hati Anda, Anda dapat lebih memfokuskan diri untuk menjadi ibu dan istri yang hebat di rumah Anda sendiri. Nikmatilah berbagai kegiatan rumah tangga yang menyenangkan sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur emosi Anda.

Datangnya masa menopause bukan berarti membuat Anda harus kehilangan gairah seksual. Masa menopause justru dapat membuat Anda dan pasangan dapat bercinta lebih fokus karena anak-anak Anda telah cukup dewasa sehingga mereka mampu menempatkan diri saat Anda sedang bersama suami. Selain itu, menopause juga membuat Anda tidak perlu merasa khawatir akan hamil lagi sebab masa hamil dan subur tersebut telah Anda lewati. Maka dari itu, cobalah untuk menikmati masa menopause Anda dengan hati yang tenang .

Dalam persiapan menghadapi hidup dengan menopause, sebaiknya Anda memahami hal-hal tentang menopause itu sendiri. Selain itu, dukungan dari orang-orang tercinta sangat berarti dalam menjalani masa-masa menopause. Berkomunikasilah secara terbuka dengan suami, agar muncul pengertian dan dukungan dalam menjalani setiap permasalahan yang muncul ketika menopause. Ingatlah bahwa menopause bukanlah satu-satunya hal yang dapat menghentikan dunia Anda sebagai seorang wanita. Masih ada banyak momen bahagia lain yang dapat Anda rasakan setelah masa tersebut datang.

Sumber gambar : www.womenofgrace.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY