Mempersiapkan Kehamilan Setelah Keguguran

SehatFresh.com – Keguguran merupakan hal yang paling menakutkan bagi ibu manapun. Keguguran pada kehamilan biasanya terjadi sebelum usia kandungan berusia 20 minggu. Ibu yang baru saja mengalami keguguran biasanya akan merasa sangat terpukul bahkan bisa menimbulkan depresi. Maka tidak jarang keguguran bisa menimbulkan trauma psikis tersendiri bagi seorang wanita.

Kebanyakan dokter akan menyarankan ibu untuk menunggu beberapa waktu sebelum mencoba hamil kembali setelah keguguran. Hal tersebut dimaksudkan untuk menstabilkan perasaan emosional dan memberi waktu pada tubuh agar benar-benar siap utnuk kehamilan berikutnya. Keguguran terkadang terjadi di usia kehamilan yang sangat muda. Keguguran yang terjadi antara minggu ke 12 dan 20 akan menimbulkan trauma pada fisik dan batin, dan membuat tubuh tidak siap untuk hamil kembali secara langsung, meskipun ibu berhasil hamil kembali. Maka dari itu, ibu disarankan untuk menunggu paling tidak 3 bulan setelah keguguran untuk hamil kembali, tapi 6 bulan merupakan waktu yang lebih ideal.

Proses persiapan kehamilan setelah keguguran pada dasarnya tidak berbeda dengan persiapan pada kehamilan yang tidak mengalami keguguran. Ibu harus benar-benar mempersiapkan rahim supaya siap untuk kehamilan berikutnya. Kehamilan berikutnya harus dengan dasar sel yang sehat dan rahim yang benar-benar siap sebagai tempat pembuahan. Dengan kesiapan semua faktor, risiko terjadinya keguguran dapat ditekan sekecil mungkin.

Jika Anda sudah mengalami keguguran tiga kali atau lebih setelah usia kehamilan 20 minggu, berkonsultasilah dengan dokter dan lakukan tes kesehatan sebelum mencoba hamil lagi. Ada kemungkinan keguguran berulang yang Anda alami disebabkan oleh masalah genetik atau bahkan masalah fisik seperti kelainan pada dinding rahim. Jika sudah terdeteksi masalahnya, Anda perlu melakukan pengobatan untuk mencegah keguguran pada kehamilan berikutnya. Beberapa wanita mungkin bisa hamil dalam waktu singkat setelah keguguran, tetapi ada beberapa yang tidak. Jika Anda merasa khawatir untuk hamil kembali setelah keguguran, konsultasikan dengan dokter bidan Anda tentang apa yang harus dilakukan agar Anda siap untuk hamil kembali.

Ketika Anda telah hamil lagi, Anda mengkin merasakan emosi yang bercampur. Di satu sisi Anda merasa gembira akan bayi baru Anda, namun di sisi lain merasa takut untuk keguguran lagi. Jika perasaan takut tersebut menimbulkan depresi selama kehamilan, pastikan ibu menemukan seseorang yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan tersebut. Persiapan fisik dan mental sebelum kehamian bukan hanya beraku bagi calon ibu saja, calon ayah juga perlu mempersiapkan fisik dan mentalnya. Kondisi fisik dan mental harus benar-benar dipersiapkan agar pada saat dokter mengijinkan untuk dapat hamil lagi, Anda dan pasangan dalam kondisi yang prima. Kondisi tubuh yang prima serta pikiran yang tenang tentunya akan memberikan efek yang positif bagi perkembangan janin.

Sumber gambar : dr-kandungan.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY