Menangani Biang Keringat untuk Balita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesehatan buah hati merupakan hal yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan oleh orangtua, karena kondisi bayi yang masih sensitif dan rentan terserang penyakit banyak sekali gangguan kesehatan dan penyakit yang bisa mengani buah hati kita.

Salah satu kejadian atau gangguan yang sering menimpa balita adalah biang keringat, kondisi ini mungkin tidak membahayakan jiwa namun kondisi ini akan sangat menganggu kenyamanan balita dan bisa menimbulkan resiko lainnya.

Biang keringat yang terjadi pada balita bisa muncul akibat cuaca yang lembap dan panas atau jika bayi Anda terkena demam. Selain hal tersebut, biang keringat bisa terjadi karena pori-pori kulit balita tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. biang keringat memang sangat rentan menyerang balita dan anak-anak karena pori-pori kulit mereka lebih kecil dibandingkan pori-pori orang dewasa, selain itu kelenjar dan saluran keluar keringat belum sepenuhnya berkembang pada balita dan anaka-anak.

Kebanyakan kasus biang keringat bisa sembuh dan hilang dengan sendirinyadalam beberapa hari, namun jika biang keringat terjadi diakibatkan karena infeksi maka kondisinya bisa berbeda. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi rasa gatal atau ruam dan akibat lain yang ditimbulkan akibat biang keringat. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Hindari udara panas dan lembap. Cara pertama untuk mengatasi biang keringat pada bayi bisa dimulai dengan memindahkan bayi Anda ke ruangan yang sejuk dan teduh. sangat disarankan jika Anda menggunakan AC atau kipas angin untuk tidak mengarahkan angin langsung ke tubuh si bayi. Cara lain untuk menghindari bayi kepnasan dan terkena suhuu lembap adalah membawa kipas dan topi, selain itu untuk mengganti semua cairan yang hilang mealui keringat agar bayi tidak mengalami dehindrasi sebaiknya pastikan jika bayi minum cukup air.
  • Pakaian. Memilih pakaian untuk bayi juga merupakan suatu langkah pencegahan dalam mengatasi biang keringat. Usahakan¬† untuk memilih pakaian dari serat alami untuk bayi Anda. Hindari memakaikan pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon. Mengapa? Ini karena kain sintesis dapat memerangkap panas. Selain itu, cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa Bunda lakukan adalah melonggarkan pakaian yang dikenakan si Kecil, atau bahkan tidak memakaikan pakaian atau popok pada si Kecil.
  • Jangan sering digendong. Menggendong bayi Anda ketika cuaca panas tidak disarankan apabila ingin mengatasi biang keringat pada bayi. Hal tersebut karena bayiakan mendapatkan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh Anda. Akan lebih baik jika jika bayi ditidurkan di ranjang dan membiarkannnya berbaring, merangkak, atau berjalan-jalan sendiri ketika bangun. Semakin jarang digendong, bayi justru tidak akan kepanasan.
  • Menjaga kulit bayi tetap dingin. Jika bayi terkena biang keringat Anda bisa mengusap kulit bayi dengan handuk basah atau memandikan bayi agar kulit bayi menajdi dingin. Sebagai catatan biarkan kulit bayi kering dengan sendirinya daripada menggunakan handuk.
  • Gunakan lotion dan krim hanya bila diperlukan. Anda bisa mengoleskan lotion calamine ¬†pada kulit bayi jika dia menangis saat Anda menyentuh kulitnya. Namun perlu diperhatikan untuk penggunaan krim jangan sampai mengenai kulit dekat mata bayi. Anda bisa menggunakan krim hidrokortison dengan saran dokter jika ruam pada kulit bayi semakin parah.

Cara di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah, namun perlu Anda ingat bahwa biang keringat isa hilang dengan sendirinya namun Anda perlu mewaspadai kondisi bayi jika suhu tubuh bayi mengalami peningkatan hingga 38 derajat celcius dan ruam akibat biang keringat tidak kunjung hilang hingga 3 hari. Anda sebaiknya menghubungi atau berkonsuktasi dengan doket jika kondisi tersbebut terjadi untuk menghindari resiko yang lebih parah. (ARN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY