Menangani Flu dengan Obat Herbal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat umum. Flu sendiri terjadi akibat inveksi di saluran pernapasan yang diakibatkan oleh virus. Penyakit flu sendiri merupakan penyakit yang menular. Penularan penyakit flu dapat terjadi lewat udara.

Gejala yang biasanya timbul ialah rasa lelah dan pegal di beberapa bagian tubuh, demam, nyeri dibagian tenggorokan, pusing, dan munculnya lender di hidung. Masa inkubasi virus flu sendiri terbilang singkat. Hanya dalam hitungan hari, penyakit flu biasanya akan segera sembuh.

Untuk menangani penyakit ini, banyak yang dilakukan oleh penderitanya. Mulai dari mengonsusi obat dari dokter, obat herbal, memperbanyak istirahat, dll. Kali ini penulis akan membahas tentang penanganan flu dengan obat herbal. Berikut beberapa cara menangani flu dengan obat herbal.

  • Larutan Garam. Dengan menggunakan larutan garam yang dicampur dengan baking soda, Anda dapat meredakan flu yang sedang Anda derita. Cara cukup mudah, campurkan garam dan baking soda ke dalam air hangat, lalu semprotkan larutan ini kedalam hidung.
  • Larutan Jahe dan Madu. Khasiat dari madu dan jahe memang sudah tidak diragukan lagi. Larutan jahe dan madu ini juga bias digunakan untuk meredakan flu lho. Cara parut dua ruas jahe, campurkan dengan madu dan air hangat. Minum minimal tiga kali sehari agar penyembuhannya lebih cepat.
  • Makanan yang Mengandung Cabai. Kandungan Capsaicin yang ada di dalam cabbai ternyata mampu mengatasi penyakit flu. Senyawa ini terbukti mampu memersihkan ronnga hidung. Makanlah makanan yang mengandung cabai untuk membantu meringankan flu yang sedang Anda derita.
  • Wewangian Mentol dan Minyak Kayu Putih. Anda dapat juga menggunakan minyak katu putih atau wewangian mentol untuk membantu memperlancar pernapasan yang tersumbat akibat lendir yang ada di dalam hidung Anda. Balurkan minyak kayu putih di bagian dada juga berguna untuk menghangatkan tubuh dan mempercepat penyembuhannya.
  • Mandi dengan Air Hangat. Dengam menggunakan air hangat saat mandi, suhu badan Anda akan tetap hangat dan tidak memperburuk penyakit flu yang sedang Anda alami.
  • Berkumur. Berkumur dengan menggunakan air hangat yang campur garam, cuka apel, dan jahe juga dipercaya bias membatu mengatasi penyakit flu. Larutan ini akan membatu membersihkan daerah mulut dan tenggorokan.
  • Bawang Merah. Aroma yang dihasilkan oleh bawang merah juga tidak kalah berhasiat jka dibandingkan dengan aroma mentol. Aroma yang dihasilkan oleh bawang akan membatu membersihkan rongga hidung dan mengencerkan lendir.

Itulah beberapa cara mengatasi flu dengan menggunakan obat herbal. Obat herbal yang tadi di sebutkan merupakan bahan yang mydah di dapat di pasaran. Semoga dapat membatu Anda mengatasi flu yang sedang Anda derita.(IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY