Mencegah Bekas Luka Akibat Cacar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit cacar hanya dapat menyerang sekali seumur hidup si penderita. Namun, virusnya sangat sulit sekali untuk dihilangkan, bahkan ketika sobat yakin virusnya sudah menghilang dari tubuh. Sebenarnya, virus tersebut bersembunyi di lapisan terdalam kulit. Cacar air seringkali menjadi penyakit menakutkan bagi beberapa orang. Hal ini dikarenakan efek yang diberikan oleh penyakit ini sangatlah membuat tidak nyaman si penderita, belum lagi bekas – bekas cacar yang membuat kulit kita terlihat tidak mulus lagi dan tentunya menyisakan bopeng. Seperti halnya bekas cacar, bekas luka juga cukup mengganggu jika tidak diatasi.

Penyakit cacar air umumnya tidak berbahaya, hanya saja bekas luka yang ditinggalkan setelah sembuh dari cacar akan sangat mengganggu, karena membuat penampilan menjadi kurang indah dan kehilangan estetikanya. Terutama, jika luka yang ditinggalkan berada pada area wajah, yang notabene organ tubuh yang satu ini adalah organ yang paling sering diperlihatkan. Keberadaan bekas luka atau noda di daerah ini akan sangat mengganggu penampilan.

Bekas luka dari cacar air yang dikategorikan luka ringan, akan dengan sendirinya menghilang, hanya saja proses yang diperlukan memang memakan waktu yang cukup lama, bisa bulanan atau bahkan tahunan.

Terdapat beberapa cara untuk membantu mempercepat menghilangkan bekas luka cacar air, antara lain:

  • Jagung muda

Kupas bersih jagung muda, cucilah hingga bersih, dan parutlah. Setelah semua selesai diparut, oleskan pada kulit tubuh yang terdapat bekas cacar.

  • Buah Mengkudu

Cuci bersih mengkudu yang disiapkan, lalu buatlah jus atau dapat juga diparut. Ambil airnya dan minumlah 2x sehari.

  • Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit termasuk mengurangi ruam kemerahan, membersihkan kulit dari noda bintik hitam juga mengurangi kedalaman bekas luka pada kulit. Aloe vera sangat cocok dalam mengobati bekas luka cacar untuk menyamarkan bekas luka cukup dalam. Ambil aloe vera segar, kupas bagian kulitnya dan ambil bagian gelnya. Oleskan pada bekas luka dan biarkan beberapa menit tunggu hingga gel aloe vera beraksi dengan bekas luka.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY