Mencegah Bengkak pada Kaki Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa kaki bengkak saat hamil merupakan salah satu efek samping kehamilan yang umum terjadi. Keadaan ini mungkin saja biasa bagi Anda yang sudah mengalami kehamilan sebelumnya, namun bagi Anda yang baru mengalami kehamilan tidak jarang merasa kaget melihat kakinya bengkak ketika bangun tidur.

Kaki bengkak saat hamil memang sering terjadi pada ibu hamil. Bengkak terjadi terutama di kaki atau lebih tepatnya di kaki bawah dan pergelangan kaki. Keadaan ini sering terjadi ketika masa kehamilan memasuki usia 20 minggu.

Secara umum, kaki bengkak saat hamil terjadi karena adanya penumpukan cairan berlebih di kaki ibu hamil. Hormon kehamilan yang dihasilkan ibu saat hamil akan membuat tubuh menahan dan mengumpulkan cairan lebih banyak.

Mencegah kaki bengkak yang terjadi pada masa kehamilan dirasa perlu karena bengkaknya kaki dapat mengakibatkan ibu sulit untuk melakukan aktivitas, maka dari itu berikut adalah beberapa cara untuk mencegah bengkak yang terjadi pada masa kehamilan:

  • Usahakan ibu hamil tidak lama dalam posisi berdiri. Pembengkakan kaki saat ibu hamil ini terjadi karena dalam posisi berdiri maka jantung akan dengan mudah memompadarah kekaki karena posisi kaki dibawah . Namun akan sangat sulit menarik darah lagi ke jantung karena pembuluh darah balik jantung saat ini tergenjet oleh si jabang bayi atau janin anak Anda. Oleh karena itu pastikan Anda tidak lama lama pada posisi berdiri saat hamil tua apalagi kalau kehamilan Anda sudah dalam usia 32 mingguan keatas.
  • Jangan pakai sendal atau sepatu yang mengikat kaki. Jika Anda suka menggunakan sAndal atau alas kaki lain yang kekecilan atau ngepres dengan kaki maka sebaiknya Anda hindari ini karena akan memperparah masalah kaki Anda yang sedang membengkak. Gunakanlah sAndal jepit yang tidak mengikat kaki Anda secara keras.
  • Tidur dengan posisi kaki lebih tinggi. Penting juga bagi Anda untuk mengatur posisi kaki lebih tinggi dari kepala dan jantung. Usahakan saat tidur Anda mengganjalnya dengan bantal sehingga lebih tinggi dari jantung.
  • Pastikan tidur miring ke arah kiri. Posisi tidur seperti ini maka Anda sedang membantu pembuluh darah balik agar terbebas dari tekanan sehingga aliran darah yang kembali ke jantung akan lebih leluasa. Hal ini jelas akan mengurangi masalah kaki membengkak saat hamil tua maupun muda.
  • Olahraga teratur. Berolahraga bukan hanya penting untuk orang biasa, namun juga baik untuk ibu hamil. Seringnya melakukan kegiatan olahraga maka kesehatan ibu hamil akan terjamin dan yang penting aliran darah akan lancar sehingga tidak hanya berpusat pada kaki. Olahraga pilihan untuk mengurangi kaki bengkak saat hamil ialah berenang. Olahraga ini akan menguatkan otot dan pembuluh darah kaki Anda sehingga kaki dapat lebih baik menyalurkan dan memompa cairan yang menumpuk ke jantung Anda, selain berenang olahraga yang dapat dilakukan adalah yoga, jalan kaki, dan beberapa olahraga ringan lainya.
  • Konsumsi makanan yang seimbang. Makanlah secukupnya yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serat serta vitamin dan mineral yang cukup. Banyak ibu hamil yang mengurangi asupan garam saat hamil karena takut terjadi kaki bengkak saat hamil dan takut menaikkan tekanan darahnya. Penelitian menyatakan bahwa tekanan darah tinggi pada ibu hamil tidak dipengaruhi oleh asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, ibu hamil tetap dapat makan makanan yang mengandung garam, asal tidak berlebihan, dan perbanyak air putih, buah buahan dan nutrisi lainya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY