Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

SehatFresh.com – Semua orang tentu pernah mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah yang sangat mengganggu,. Bibir kering menjadi salah satu masalah yang dialami akibat dehidrasi saat berpuasa. Selain itu salah memilih produk kosmetik juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Bibir yang kering dan pecah-pecah tentunya akan sangat memengaruhi penampilan terutama pada para wanita.

Kulit pada dasarnya akan mengalami kekeringan akibat cuaca panas, perubahan suhu, polusi udara, debu, kurangnya nutrisi, serta faktor lainnya, tetapi berbeda dengan bibir. Bibir tidak seperti bagian kulit kita yang lainnya, di mana bibir tidak dilengkapi dengan kelenjar lemak dan keringat. Hal ini membuat kelembaban bibir rentan mengalami kekeringan. Minum 8 gelas air putih setiap hari adalah solusi utama untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit dan bibir Anda. Jumlah air yang Anda minum diakumulasikan pada saat sahur dan berbuka.

Selain harus banyak minum air putih saat sahur dan berbuka untuk mengembalikan cairan tubuh, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut:

Pilih produk perawatan yang tepat
Ketika membeli produk perawatan bibir, sangat penting untuk memilih produk yang tidak mengandung alkohol, petrokomia dan gliserin. Tiga bahan tersebut dapat memengaruhi tingkat kelembaban bibir Anda. Di samping memilih produk yang aman, gunakanlah produk perawatan bibir setiap hari yang berbeda dengan lipstik. Aplikasikan lipbalm pada bibir setiap bibir terasa mulai kering. Pada siang hari, gunakanlah lipbalm yang mengandung minyak alami dan SPF untuk mencegah bibir kering akibat terkena paparan sinar matahari.

Gunakan madu sebagai perawatan alami
Madu merupakan obat alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengaplikasikannya langsung pada bibir. Anda bisa mengoleskan madu menjelang tidur. Sedangkan saat sahur, konsumsilah tiga sendok makan madu. Selain dapat mencegah bibir kering dan pecah-pecah, madu juga dapat menjaga daya tahan tubuh Anda selama berpuasa.

Hindari makanan pedas dan asin
Makanan yang terlalu pedas dan asin dapat menyerap air dalam tubuh yang memicu bibir dan kulit menjadi kering. Maka dari itu, Hindarilah konsumsi makanan yang pedas dan terlalu asin saat makan sahur atau berbuka puasa.

Konsumsi buah dan sayuran segar
Mengonsumsi buah dan sayur segar akan menutrisi kulit bibir dari dalam. Sayangnya, banyak orang yang malas untuk makan buah dan sayur segar. Hal inilah yang menyebabkan kulit dan bibir menjadi mudah kering. Tambahkanlah buah segar dan sayur sebagai bagian dari menu untuk sahur dan buka puasa Anda. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur sangat baik untuk menutrisi kulit sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih segar dan terjaga kelembabannya.

Sumber gambar : blog.lazada.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY