Mencegah Darah Haid Tembus saat Berada di Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat remaja wanita, pernahkah Anda merasa malu karena darah haid tembus di rok sekolah? Jika ya, perhatikan cara mencegahnya ya, agar tetap nyaman belajar di sekolah.

Darah haid tembus saat berada di sekolah dapat dialami oleh siapa pun remaja wanita. Di saat umur masih belia atau remaja, siklus haid memang cenderung belum teratur.

Tips Mencegah Bocor di Sekolah

  • Persiapkan membawa pembalut. Agar tidak panik saat haid dadakan di sekolah, pastikan selalu persiapkan 1-2 pembalut dalam dompet, tas sekolah, atau laci meja.
  • Pasanglah pembalut dengan benar. Pastikan Anda dapat menggunakan pembalut dengan tepat.  Caranya dengan mengeluarkan dari kemasan, membuka pembungkusnya, pastikan tepat menempel pada celana dalam, sehingga pembalut tidak terlalu ke atas atau terlalu ke bawah. Posisi yang tepat dalam celana dalam tidak akan membuat pembalut tidak mudah bergeser. Ada baiknya menggunakan pembalut yang memiliki sayap bagi remaja agar lebih aman.
  • Pilih pembalut dengan panjang dan ketebalan yang tepat. Pilihlah pembalut dengan daya serap tinggi dengan ukuran yang panjang. Pembalut yang tepat akan mencegah terjadi kebocoran di sekolah.
  • Pakailah celana dalam lebih tebal. Cegah kebocoran haid di sekolah dengan memakai celana dalam yang lebih tebal dan lebih menyerap, sehingga lebih nyaman.
  • Jangan bergerak terlalu aktif. Kemungkinan mengalami kebocoran di sekolah lebih tinggi jika Anda melakukan jungkir balik, berlari-lari, melompat-lompat, atau sekadar bergerak ke sana ke mari dengan sangat cepat. Hal ini dapat membuat dapat gerakan menggeser posisi pembalut sehingga menyebabkan kebocoran.
  • Lebih sering ke kamar mandi. Seringlah pergi ke kamar mandi setiap satu atau dua jam untuk memastikan tidak terjadi kebocoran dan dapat mengganti pembalut lebih tepat waktu sehingga lebih merasa aman dan terlindungi.
  • Memakai celana tambahan. Pakailah celana pendek kompresi (compression shorts) atau spandex sebelum memakai rok.
  • Jangan panik. Jangan panik saat mengalami kebocoran di sekolah agar kepercayaan diri tetap terjaga dengan baik.
  • Pilih pembalut maxi. Pilihlah pembalut maxi tanpa sayap di atas pembalut bersayap yang sangat tipis sehingga darah yang sudah  menembus pembalut pertama, maka darah masih dapat tertampung pada pembalut sangat tipis di bawahnya.
  • Jangan mempertahankan kondisi pembalut kotor. Usahakan segera mengganti pembalut yang sudah kotor, jika tidak membawa bisa meminta pada teman sekolah terlebih dahulu. Karena pembalut kotor yang tidak segera diganti mengakibatkan kotori tertahan dan dapat mempengaruhi kesehatan vagina.

Demikian informasi mengenai pencegahan darah haid bocor di sekolah. Semoga sahabat Pembaca remaja lebih mawas diri terhadap kesehatan organ intim. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here