Mencegah Infeksi Gangguan Pencernaan Anak saat Mudik

SehatFresh.com – Kegiatan mudik memang menyenangkan, tapi bila Anda tak waspada, perjalanan mudik justru bisa mengundang infeksi penyakit. Berikut diantaranya infeksi saluran pencernaan. Beberapa jenis infeksi saluran pencernaan diantaranya diare, sakit maag, dan sembelit.

Infeksi saluran pencernaan merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Penyakit ini tentunya terasa sangat mengganggu karena tidak jarang menimbulkan rasa sakit dan menghambat aktivitas. Penyakit ini termasuk sering menyerang walaupun memang tergolong bisa disembuhkan.

Secara umum, infeksi bisa terjadi karena adanya bakteri di dalam saluran pencernaan akibat makanan atau minuman yang tidak bersih serta pola makan yang tidak teratur. Selain itu, infeksi bisa terjadi sebagai indicator awal bahwa ada organ pencernaan yang tidak bekerja secara maksimal.

Dokter Spesialis Anak dari Universitas Airlangga Ahmad Suryawan mengatakan pentingnya menjaga kesehatan saluran cerna anak, karena pencernaan sehat menentukan kualitas pertumbuhan seorang anak.

Saluran cerna yang sehat dapat mempengaruhi perkembangan otak, di mana sinyal positif yang dikirimkan ke otak akan mempengaruhi komposisi mikrobiota yang terdapat dalam saluran cerna, sehingga berdampak pada proses penyerapan nutrisi.

Pada saat terlalu lama terjebak kemacetan, kemudian membeli makanan ringan, seperti tahu asin, kacang-kacangan, atau buah-buahan yang tidak kita ketahui kebersihannya, ini bisa memicu infeksi saluran pencernaan. Sakit maag juga bisa disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori yang menyerang lambung. Makanan yang tidak higienis juga bisa menyebabkan diare. Diare dapat menyebabkan dehidrasi, yang apabila tidak segera diatasi dapat mengancam nyawa.

Gantikan cairan tubuh yang keluar ini dengan mengonsumsi air yang cukup. Kalau tidak membawa oralit sebagai pengganti cairan elektrolit tubuh, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan segelas air matang dengan dua sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam halus. Untuk mengatasi gangguan lambung, Anda bisa mengonsumsi obat resep dokter.

infeksi pencernaan bisa dicegah dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan pola hidup yang sehat. Dimulai dari lingkungan yang bersih akan meminimalisir munculnya bakteri dan virus. Sebaiknya pilih makanan yang dijual bersih dan terjamin. Selain itu, cuci tangan sebelum makan juga penting untuk dilakukan.

Pola makan yang sehat akan berperan untuk mencegah terkena penyakit saluran pencernaan. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan yang instan, mengandung banyak minyak dan kolesterol serta makanan yang terlalu pedas. Di sisi lain, perbanyak makanan berserat dan kaya akan air seperti sayur dan buah.

Pada saat makan, hendaknya makanan dikunyah dalam waktu yang cukup karena hal ini akan sangat membantu proses pencernaan berikutnya. Sebaiknya tidak makan makanan yang terlalu dingin ataupun terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Makan yang berlebihan hingga kekenyangan juga tidak baik untuk saluran pencernaan. Dengan menjadikan hal-hal ini menjadi sebuah kebiasaan maka Anda akan dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran pencernaan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY