Mencegah Kaki Terkilir Saat Berolahraga

SehatFresh.com – Kaki terkilir atau keseleo saat berolah raga merupakan hal yang biasa terjadi. Terlebih pada cabang olahraga lari. Gerakan kaki yang cepat terkadang berada di luar kendali dan menyebabkan kaki kita terkilir dengan sendirinya. Ketika hal ini terjadi, maka terjatuh merupakan hal yang sangat sulit dihindari.

Kaki terkilir ketika berolahraga tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa atau anak-anak, tapi juga remaja. Hal ini disebabkan, karena semangat remaja yang masih kuat saat berlari atau berolahraga, sehingga kecepatan larinya yang sangat kencang terkadang menyebabkan kaki terkilir saat berlari.

Selain disebabkan karena gerakan yang teralau cepat, kaki terkilir juga bisa disebabkan, oleh kaki yang kram. Hal ini biasanya terjadi jika remaja sedang asik bermain sepakbola atau ketika melakukan olaghraga basket. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menghindari kaki terkilir dan kram:

  • Memberikan asupan nutrisi yang sehat. Asupan yang paling baik untuk otot adalah vitamin dan mineral. Setiap hari, dua asupan ini harus ada bagi siapa saja terutama orang yang memiliki penyakit kram. Vitamin dan mineral ini mudah didapatkan karena terdapat pada buah-buahan, sayuran, dan susu.
  • Perbanyak minum. Saat berolahraga tubuh mengeluarkan banyak cairan dan garam melalui keringat. Anda harus mengganti kembali kehilangan tersebut dengan banyak-banyak minum agar tubuh tak mengalami dehidrasi.
  • Jaga keseimbangan mineral. Tubuh yang kekurangan natrium, potasium, magnesium, kalium atau kalsium rentan sekali mengalami kram. Jika Anda senang berolahraga, faktor makanan benar-benar harus diperhatikan. Rajin-rajinlah mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan zat tersebut, seperti pisang, wortel, nanas, kacang-kacangan, susu, dan ikan.
  • Pemanasan. Melakukan peregangan otot dan pemanasan sebelum memulai latihan inti bisa memperlancar peredaran darah dan menurunkan risiko kram otot. Lakukan selama tujuh sampai 10 menit sebelum latihan inti.

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mengontrol kecepatan gerakan yang Anda lakukan ketika Anda berolahraga. Sehingga kaki terkilir dapat dihindari.

Sumber gambar : id.wikihow.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY