Mencegah Kekurangan Vitamin D pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meskipun indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan banyak paparan sinar matahari namun ini tidak menutup kemungkinan remaja untuk mengalami kekurangan vitamin D. Tidak hanya di Indonesia masalah kekurangan vitamin D juga masih menghantui anak-anak di Asia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya terkena paparan sinar matahari

Kebanyakan orang tua menempatkan anak-anak mereka untuk bermain di dalam rumah karena takut anak mereka akan hitam, dan kebiasaan remaja yang sering bermain di dalam mall juga dapat mengakibatkan mereka kekurangan vitamin D, karena edikitnya terpapar sinar matahari. Mengapa tubuh yang tidak terkena sinar matahari cenderung untuk kekurangan vitamin D? perlu diketahui bahwa sinar matahari mengandung 80% vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, selain itu terkenanya kulit dengan sinar matahari menjadikan Vitamin D satu-satunya vitamin yang dapat dihasilkan dari dalam tubuh. Sumber vitamin d memang bukan berasal dari matahari saja ada beberapa makanan lain yang dapat Anda konsumsi untuk menambah asupan vitamin d pada tubuh Anda seperti: telur, minyak ikan, ots, susu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kurangnya asupan vitamin D pada tubuh akan berdampak buruk, kurangnya vitamin ini dapat menyebabkan terjadinya multiple sclerosis, rakitis, rheumatoid arthritis, kelainan lengkung tulang belakang, merasakan nyeri bila berjalan, flu, dan insiden riketsia (pertumbuhan tulang dalam bentuk abnormal) terutama di perkotaan. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua sejak dini menstimulasi anak-anak bermain di luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Dilansir dari Healthmeup berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kekurangan vitamin D yang bisa Anda jadikan referensi, seperti:

  • Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Cukup 20 menit terpapar sinar matahari sangat baik untuk kesehatan tubuh, kegiatan ini dapat dilakukan dua sampai tiga kali perminggu dengan telanjang tangan dan wajah, dengan begitu sudah cukup untuk mencapai tingkat vitamin D yang diperlukan tubuh.
  • Diet yang tepat dan rutin melakukan aktivitas diluar ruangan. Kedua hal ini dapat membantu Anda memperoleh kembali tingkat vitamin D dalam tubuh.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D dan kalsium. Makanan kaya akan vitamin D dapat didapatan dari ikan salmon, sarden, telur, daging, sarapan dengan sereal, produk kedelai, produk susu, dan lain-lain. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D bisa mengembalikan kandungan vitamin D dalam terus normal.
  • Menurunkan lemak bagi yang mengalami obesitas. Berolahraga secara teratur yang kemudian membakar sel-sel lemak dalam tubuh, bisa membantu penyerapan vitamin D dalam tubuh. Alhasil tingkat vitamin D yang diperlukan tubuh pun mudah didapatkan.
  • Hindari menggunakan sunblock terlalu sering. Penggunaan sunblock akan menghalangi paparan sinar matahari yang akan masuk ke kulit sehingga tubuh dapat mengalami kekurangan vitamin D. Di samping itu setiap jenis krim sunblock mempunyai bahan-bahan yang berbeda yang mungkin tidak cocok untuk jenis kulit Anda.
  • Penyesuaian gaya hidup sederhana. Kegiatan seperti membuka jendela rumah agar sinar matahari bisa masuk, ialah cara mudah mendapat paparan sinar matahari.
  • Mengonsumsi multivitamin. Ini dilakukan untuk mengisi pasokan gizi yang kurang dalam tubuh.
  • Periksa ke dokter dengan menguji kadar vitamin D dalam tubuh. Bila Anda berpikir mungkin sedang menderita kekurangan vitamin D, maka tes darah akan dilakukan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY