Mencegah Mabuk Kendaraan Pada Anak

SehatFresh.com – Mabuk kendaraan sering terjadi pada anak-anak. Mabuk terjadi ketika otak menerima informasi yang bertentangan dari bagian motion-sensing tubuh – telinga bagian dalam, mata dan saraf di ekstremitas.

Bayangkan seorang anak duduk rendah di kursi belakang tanpa bisa melihat keluar jendela – atau anak yang lebih tua membaca buku di dalam mobil. Telinga bagian anak akan merasakan gerak, tapi mata dan sendinya tidak. Hasilnya mungkin sakit perut, keringat dingin, kelelahan, pusing, kehilangan nafsu makan atau muntah.

Tidak jelas mengapa mabuk kendaraan ini mempengaruhi beberapa anak dari pada golongan usia lain. Sementara masalah tampaknya tidak mempengaruhi sebagian besar bayi dan balita, anak-anak usia 2 sampai 12 sangat rentant terkena mabuk kendaraan.
Mencegah mabuk kendaraann pada anak

Cara mencegah mabuk kendaraan :

  • Mengurangi masukan sensorik. Dorong anak Anda untuk melihat hal-hal di luar mobil – daripada berfokus pada buku, game atau film. Jika anak tidur siang, perjalanan selama waktu tidur siang juga bisa membantu.
  • Hati-hati merencanakan perjalanan pra makanan. Jangan memberikan anak Anda makanan pedas atau berminyak selama perjalanan. Jika waktu perjalanan Anda pendek, lewatkan makan sama sekali. Jika perjalanan panjang atau anak Anda perlu makan, berikan dia makananan ringan, camilan hambar – seperti kerupuk kering dan minuman ringan – sebelum saatnya untuk pergi.
  • Sediakan ventilasi udara. Ventilasi udara yang cukup dapat membantu mencegah mabuk kendaraan. Cobalah untuk menjaga udara tetap tersedia dan menghindarkan dari bau yag tajam.
  • Menawarkan gangguan. Jika anak Anda rentan terhadap penyakit mobil, cobalah mengalihkan perhatian dia selama perjalanan mobil dengan berbicara, mendengarkan musik atau menyanyikan lagu-lagu.
  • Menggunakan obat. Jika anak Anda lebih dari 2 tahun  dan Anda merencanakan perjalanan panjang menggunakan mobil, tanyakan kepada dokter anak Anda tentang obat tanpa resep untuk mencegah mabuk kendaraan. Dimenhydrinate (Dramamine) disetujui untuk anak-anak 2 tahun atau lebih, dan diphenhydramine (Benadryl) dapat digunakan untuk anak-anak 6 tahun atau lebih. Baca label produk dengan hati-hati untuk menentukan dosis yang tepat dan bersiap untuk kemungkinan efek samping, seperti mengantuk. Antihistamin Nondrowsy tampaknya tidak efektif untuk mengobati mabuk. Pertimbangkan memberikan anak Anda dosis tes di rumah sebelum perjalanan dengan mobil Anda untuk melihat bagaimana anak Anda merespon.

Jika anak Anda mulai memperlihatkan gejala mabuk kendaraan, hentikan mobil secepat mungkin dan biarkan anak Anda keluar dan berjalan-jalan. Menempatkan kain dingin di dahi anak Anda mungkin juga membantu.

Jika tips ini tampaknya tidak membantu atau mabuk kendaraan anak Anda membuat perjalanan menjadi sulit, tanyakan kepada dokter anak Anda tentang pilihan lain.

Sumber gambar : gigisusu.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here