Mencegah Penyakit Gondok pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesehatan merupakan bagian terpenting dari manusia. Makanan organik menjadi salah satu dari jenis makanan yang dianggap mampu menjaga kesehatan.

Begitu juga dengan penyakit gondok. Penyakit gondok dapat dicegah melalui perbaikan pola makan. Penyakit ini biasanya disebabkan kekurangan asupan makanan dengan kandungan yodium, sehingga produksi hormon tiroid atau nodul berkurang.

Cara mencegah terkena penyakit gondok, antara lain:

  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk kelenjar gondok, seperti garam beryodium, sayuran, buah nanas, bawang putih, selada air.
  • Cukupi kebutuhan yodium anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan laut seperti udang, kerang, cumi, rumput laut atau anda dapat menggunakan garam beryodium untuk perasa masakan anda.
  • Tubuh kita memerlukan sekitar 150 mikrogram yodium setiap harinya, ini juga sangat penting bagi seorang ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak.
  • Pencegahan dilakukan dengan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Hal ini dikarenakan penyebab utama penyakit gondok adalah kekurangan zat yodium yang sangat dibutuhkan oleh tiroid. Selain penyakit gondok, kekurangan yodium dapat menyebabkan keterbelakangan pada kecerdasan dan fisik.
  • Hindari air minum kotor. Di dalam air minum yang kotor terdapat zat goitrogen yang dapat dihilangkan dengan dimasak. Zat ini juga ditemukan pada kubis, yang menyebabkan pembesaran pada kelenjar gondok. Selain air minum kotor, makanan seperti kacang tanah, kacang kedelai, singkong, bawang merah, dan bawang putih.
  • Penyakit gondok merupakan salah satu jenis penyakit yang menular. Penularan bisa melewati tetesan air liur penderita penyakit gondok, kemudian penyebaran melalui bersin dan batuk. Sebaiknya jaga kesehatan diri dan selalu waspada terhadap lingkungan sekitar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY