Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker dengan Menggunakan Black Garlic

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak mengenal bawang? Bawang adalah salah satu bahan yang digunakan untuk masakan. Banyak jenis bawang yanga ada di seluruh dunia. Kini, penulis akan membahas salah satu jenis bawang, yakni bawang putih hitam atau yang dikenal juga dengan sebutan black garlic. Black garlic merupakan salah satu jenis bawang yang memiliki khasiat yang besar terhadap pencegahan pertumbuhan sel kanker. Bawang putih jenis ini juga kini mulai mudah dijumpai di beberapa supermarket.

Manfaat dari bawang putih sebagai pencegah sel kanker memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya bawang putih, tapi juga bawang putih hitam. Salah satu kanker yang paling ampuh untuk dicegah menggunakan black garlic adalah kanker usus. Spandidos Publication telah memuat sebuah penelitian pada tahun 2004 tentang fakta mengenai black garlic. Penelitian ini mengemukakan bahwa bawang putih hitam tua sangat berguna untuk mencegah sel kanker berkembang. Selain itu, bawang putih jenis ini juga akan mengkambat pertumbuhan sel kanker ke usus besar.

Tidak hanya berguna sebagai bahan pencegah sel kanker, tapi black garlic juga berguna untuk penyembuhan bagi penderita kanker usus besar. Penderita kanker usus besar dapat menggunakan ekstrak black garlic untuk proses pengobatannya.

Selain mampu mengobati sel kanker, bawang putih hitam juga memiliki manfaat menurunkan kolesterol. Kandungan senyawa s-allylcysteine dipercaya dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh manusia. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat membuat seseorang terkena komplikasi beberapa penyakit yang berbahaya. Jadi, dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, maka Anda juga membantu menjauhkan diri Anda dari berbagai penyakit.

Bawang putih hitam biasanya diolah dengan proses penuaan yang dilakukan dalam waktu tiga minggu. Proses penuaan ini dilakukan dalam keadaan lembab dan panas. Ini dilakukan untuk mendapatkan karamel dalam daging bawang. Yang menyebabkan bawang ini menjadi hitam ialah asam amino dan gula yang terkandung di dalamnya.

Selain untuk memdapatkan karamel dalam daging, proses penuaan ini juga akan memperkuat manfaat yang dimiliki bawang putih hitam. Manfaat yang lain yang di dapat dari proses penuaan ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan demam, bahkan hingga detoksifikasi tubuh dari kandungan logam berlebih.

Kandungan antioksidan yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah adanya komplikasi akibat penyakit diabetes. Selain itu, antioksidan juga berfungsi sebagai anti penuaan dan mencegah penuaan dini pada kulit dan tubuh. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY