Mencegah Pori-pori Besar pada Wajah Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki wajah yang halus tentu saja menjadi dambaan bagi setiap wanita, namun sering kali harapan tersebut digagalkan karena adanya pori-pori pada wajah yang sangat besar. Pori-pori yang besar memang bukan suatu masalah yang serius namun, ini bisa saja mengganggu Anda dan dapat menjadi hal yang dapat membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik.

Pori-pori adalah sebuah rongga kecil yang menjadi akses pernapasan kulit. Adanya pori-pori maka kulit dapat melakukan proses metabolisme dan regenerasi dengan mudah, selain itu pori-pori juga memiliki fungsi yang penting yaitu untuk menyediakan minyak alami untuk membuat kulit tetap terhidrasi sekaligus membuat halus dan bernapas. Tanggung jawab lain pori-pori adalah untuk menghilngkan atau membuang racun dari tubuh. Pori-pori dapat membesar jika mengalami sumbatan atau pelebaran, karena ini pula maka penyakit dapat dengan mudah masuk.

Pori-pori yang besar kerap kali muncul pada jenis kulit berminyak yang cenderung berlebih. Bagian yang sering mengalami pori-pori besar adalah bagian wajah khususnya bagian hidung, dimana terdapat kelenjar minyak yang lebih banyak dibandingkan dengan area lain.

Munculnya pori-pori besar pada bagian wajah bukanlah masalah kesehatan yang cukup serius. Meskipun begitu, dengan munculnya pori besar di wajah maka penampilan Anda akan terganggu. Bahkan adanya pori-pori besar di wajah kulit akan lebih beresiko menyebabkan jerawat dan komedo.

Terkadang pori-pori wajah yang besar dapat membuat jengkel, kesal, galau, dan berkurangnya rasa percaya diri. Oleh karena itu perawatan dan pencegahan pori-pori besar pada wajah tentu harus diketahui, agar pori-pori besar tidak menjadi alasan tidak maksimalnya penampilan Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat dan mencegah adanya pori-pori besar pada wajah:

  • Membersihkan wajah secara teratur. Melakukan double cleansing setiap malam, dn membersihakan kulit di pagi hari penting untuk Anda lakukan karena pori-pori wajah akan semakin membesar karena adanya sel-sel kulit yang mati, namun selain itu kotoran seperti sisa makeup, dan debu yang belum terangkat dapat menempel dan bersarang dipori-pori maka dari itu membersihkan wajah secara teratur dapat membantu Anda untuk mengecilkan pori-pori pada wajah Anda.
  • Memakai tabir surya. Matahari memang sumber vitamin D yang sangat baik bagi tubuh, namun jika sudah melebihi pukul 09:00 atau 10:00 pagi sinar matahari menjadi berbahaya bagi kulit, pancaran sinar matahari dapat memperlemah kolagen yang mampu menjaga kekencangan pori-pori, maka dari itu memakai tabir surya dianggap bisa membantu mencegah pori-pori menjadi besar.
  • Eksfoliasi. Membersihkan kotoran membandel yang menyumbat pori-pori, lakukan eksfoliasi secara teratur. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau scrub untuk mengeluarkan minyak, kotoran dan bakteri yang menyumbat pori-pori.
  • Gunakan pore strips. Anda bisa menggunakan pore strips dua kali dalam seminggu untuk membersihkan komedo membandel di area hidung. Jangan terlalu sering menggunakannya karena dapat memicu iritasi.
  • Serap minyak. Ketika kulit wajah mulai mengeluarkan minyak berlebihan, segera serap dengan tisu atau kertas minyak untuk wajah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY