Mencegah Remaja Tidur Mendengkur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pastinya Anda menginginkan susana tidur yang nyaman dan tenang. Bagaimana jika Anda mendapati teman atau salah satu keluarga Anda mendengkur saat tertidur? Tentu hal ini menjadi suatu gangguan bagi orang-orang disekitarnya.

Bagaimana sebenarnya mendengkur bisa terjadi ?

Tidur mendengkur atau dikenal dengan sleep apnea merupakan gangguan yang terjadi ketika otot leher rileks atau jatuhnya pangkal lidah saat tidur sehingga menghalangi aliran udara dari hidung dan tenggorokan. Biasanya penderita apnea akan mendengkur dengan suara keras dan pernapasannya secara periodik terhenti saat tidur. Tidur mendengkur bisa dialami oleh siapa aja termasuk anak-anak, namun pada umumnya hal ini terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun. Tidak menutup kemungkinan baik pria maupun wanita dapat mengalami tidur mendengkur. Permasalahan tidur mendengkur lebih banyak dialami oleh kaum pria, karena distribusi kelebihan berat badan pada kaum pria menumpuk di bagian dada dan leher yang mengakibatkan penyempitan saluran udara. Lingkar leher berukuran 40 cm atau lebih, cenderung akan menyebabkan seseorang tidur mendengkur. Perbandingan tidur mendengkur berdasarkan jenis kelamin adalah 80% dialami kaum pria dan 20% pada kaum wanita.

Pada remaja, kondisi tidur mendengkur dapat menajdi masalah jika hal ini terus berlanjut sampai dewasa. Pencegahan remaja agar tidak tidur mendengkur dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Ubah posisi tidur

Posisi tidur yang tidak benar akan menyebabkan Anda mendengkur. Biasanya bunyi dengkuran akan terdengar saat tidur dengan posisi telentang. Hal ini mengakibatkan lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan. Mendengkur terjadi ketika langit-langit rongga mulut, tekak, lidah, tonsil atau otot di belakang tenggorokan saling bersentuhan satu sama lain, dan menimbulkan suara getar selama tidur.

  • Angkat posisi kepala Anda saat tidur

Kebanyakan, orang mendengkur karena posisi kepala mereka yang terletak jauh ke belakang dari letak bantal. Anda bisa menaikan posisi kepala Anda dengan menggunakan bantal lebih untuk menopang kepala Anda.

  • Bersihkan sinus Anda

Jika aliran udara di bagian sinus tersumbat atau macet dapat menyebabkan timbulnya suara dengkuran saat tidur. Oleh karean itu Anda bisa memberishkan bagian sinus agar udara yang mengalir lebih lancar.

  • Gunakan kontrol udara dalam kamar

Akan lebih baik jika kamar tidur Anda memiliki uap air yang bagus dan cukup bagi sirkulasi pernafasan. Udara yang kering sering memperparah mendengkur menjadi lebih parah. Anda bisa menggunakan pengatur suhu di dalam kamar sehingga cara ini bisa juga menjaga udara kering dari jaringan iritasi di rongga hidung Anda.

  • Hirup uap air sebelum tidur.

Sebelum tidur cobalah untuk menghirup uap air yang bisa dilakukan dengan menyediakan air hangat atau handuk yang sudah diberikan air hangat. Cara ini akan membantu Anda menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat dan menghalau udara kering yang masuk ke rongga hidung.

  • Turunkan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menajdi faktor utama penyebab terjadinya tidur mendengkur. Hal ini disebabkan karena orang bertubuh gemuk mengakibatkan adanya penumpukan lemak dan penyempitan pembuluh darah. Cobalah untuk menurunkan berat badan Anda dengan diet dan berolahraga secara teratur, selain untuk mengindari tidur mendengkur Anda juga bisa menghindarkan tubuh dari resiko penyakit lainnya.

  • Perhatikan makanan Anda

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berat saat Anda hendak tidur terutama makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat.

  • Hindari alkohol dan obat penenang

Obat penenang dan alkohol dosis rendah cenderung menekan saluran pernapasan dan mengganggu relaksasi otot Anda, sehingga saat tidur kemungkinan mendengkur menajdi lebih besar. Hindari alkohol dan obat penenang agar Anda bia terhindar dari tidur mendengkur serta penyakit lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY