Mencegah Terjadinya Kehamilan Kembar Siam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita membawa embrio atau fetus ke dalam tubuhnya, pada masa kehamilan banyak terjadi gestasi ini adalah saat dimana dikandungnya embrio dan fetus di dalam kandungan seorang ibu, pada masa kehamilan ibu bisa mengalami lebih dari satu gestasi pada satu waktu, kasus melahirkan bayi kembar atau bayi kembar tiga adalah bentuk dari ibu yang mengalami lebih dari satu gestasi.

Faktor keturunan menjadi salah satu faktor pendukung bagi ibu untuk mempunyai bayi kembar, selain itu beberapa teknologi yang canggih pun kini bisa membantu ibu untuk memiliki bayi kembar. Namun untuk beberapa wanita kini banyak yang merasa khawatir jika mengandung bayi kembar, kekhawatiran akan melahirkan bayi kembar siam adalah ketakutan yang hinggap di pikiran ibu yang telah mengetahui telah mengandung bayi kembar.

Kembar siam sendiri dapat terjadi karena sel telur yang dibuahi oleh sperma mengalami pembelahan menjadi kembar monozigot, namun proses pembelahan tersebut terhenti sehingga mengakibatkan pembelahan yang tidak sempurna. Kembar siam pada dasarnya adalah dua bayi yang hanya mempunyai satu organ yang digunakan berdua. Bagian dada, kepala, dan perut adalah bagian yang sering menjadi tepat dempetnya bayi pada bayi yang kembar siam. Penyebab dari kembar siam sampai sekarang belum diketahui pasti, namun ada beberapa faktor yang diyakini dapat berpengaruh seperti faktor genetik,  kurangnya asupan makanan yang bergizi saat hamil, pola hidup yang tidak sehat, penggunaan alat penyubur sebelum kehamilan, dan penyakit atau infeksi yang diderita ibu hamil.

Kehamilan bayi kembar menuntut orang tua untuk lebih berhati-hati dalam merawat bayi yang ada di dalam kandungan agar tidak lahir dengan kondisi kembar siam. Pengetahuan mengenai apa saja yang harus dihindari agar tidak mengalami kelahiran kembar siam dirasa dibutuhkan oleh orang tua. Berikut adalah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menghindari melahirkan bayi kembar siam:

  • Mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama hamil. Kualitas gizi yang dikonsumsi ibu pada saat hamil adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kelahiran bayi kemabr siam. Pada trisemester awal kehamilan sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dalam menunjang pembentukan organ dan perkembangan awal janin. Konsultasi mengenai makanan yang bergizi untuk ibu hamil dengan dokter kandungan Anda juga dirasa cukup penting untuk mendapatkan bayi kembar yang sehat.
  • Menjaga kesehatan selama hamil dan menghindari konsumsi obat. Kondisi ibu yang sehat akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kondisi janin di dalam kandungan. ibu yang dengan kondisi tidak sehat berpotensi untuk mengkonsumsi obat-obatan lebih besar, sedangkan untuk Anda yang memiliki rencana untuk mempunyai bayi kembar lebih baik menghindari melahirkan bayi yang kembar siam adalah menghindari obat-obatan, dimana obat-obatan ini mengandung bahan kimia yang sangat beresiko untuk mempengaruhi pembelahan sel sehingga terjadi kembar siam. Obat-obatan yang dikonsumsi saat hamil dapat memicu terjadinya kegagalan pembelahan zigot sehingga menumbulkan kondisi bayi kembar siam.
  • Mengenali tanda awal kehamilan. Ini penting diperhatikan agar nantinya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, karena pada umumnya ibu yang sedang hamil tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil sehingga bebas mengkonsumsi obat-obatan atau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Mengetahui kehamilan dari awal juga dapat mengurangi resiko melahirkan bayi kembar siam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY