Mencegah Timbulnya Psoriaris pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja adalah masa paling banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, berkegiatan diluar ruangan adalah hal yang baik, banyak manfaat yang didapatan dari hal tersebut namun banyaknya melakukan kegatan di luar ruangan tak jarang dapat mempengaruhi kondisi kulit. Salah satu masalah kulit yang dapat menyerang remaja adalah psoriaris. Psoriaris adalah kondisi kulit yang kronis dan disertai dengan timbulnya bersisik putih, dan kemerah-merahan, psoriaris dapat menyerang siapa saja bahkan diketahui Cara Delevingne, model kelas dunia yang satu ini pun pernah mengalami, psoriaris loh.

Timbulnya psoriaris tidak jarang membuat tingkat percaya diri seseorang menurun, karena tanda yang ditimbulkan penyakit ini sangat terlihat oleh mata awam. Psoriaris bukanlah penyakit yang menular melainkan ini dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga mudah terserang bakteri atau virus, dimana seharusnya sistem imun membunuh bakteri ini malah sistem imun berbalik menyerang sel-sel yang masih baik. Psoriaris dapat muncul pada seluruh bagian tubuh tetapi pada umumnya terjadi pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kulit kepala.

Psoriris adalah gangguan kulit yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang dan tentu saja Anda tidak ingin terkena penyakit ini bukan? Jika iya, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah psoriaris datang menghampiri Anda:

  • Jangan stres. stress diketahui menyumbang sebanyak 40% penyebab psoriaris. Bisa dikatakan bahwa stres berpotensi untuk menyebabkan atau memperparah kondisi psoriaris. Stres yang dapat timbul pada penderita psoriaris bisa dikarenakan rasa malu yang membebani pikirannya dan merasa bahwa sudah tidak menarik lagi karena adanya penyakit ini, rasa malu yang membebani pikiran tersebut bisa saja menimbulkan stres yang malah akan menyebabkan atau memperparah psoriaris.
  • Mandi. Hal ini dapat dijadikan salah satu cara untuk mencegah psoriaris karena mandi akan membantu membersihkan sisik serta mengurangi kulit yang telah menderita inflamasi.
  • Menggunakan pelembab. Kulit yang kering bisa saja menjadi tempat timbulnya psoriaris maka dari itu gunakanlah pelembab untuk menjaga kulit Anda tetap lembab.
  • Jauhi alkohol dan rokok. Mengkonsumsi keduanya diduga akan memperburuk kondisi psoriasis.
  • Menghindari obat-obatan tertentu. Salah satu pemicu psiriaris adalah karena obat-obatan, seperti: litium, obat-obatan tekanan darah tinggi, serta obat antimalaria.
  • Menghindari faktor penyebabnya. Salah satu faktor penyebab psoriaris pada remaja adalah infeksi tenggorokan, maka dari itu hindarilah kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan infesi tenggorokan, namun tidak menutup kemungkinan adanya faktor penyebab lainnya, maka dari itu segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya sehingga langkah pencegahan yang diambil juga tepat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY