Menderita Malabsorbsi? Hindari Makanan Berikut Ini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Malabsorbsi merupakan keadaan dimana tidak maksimalnya kemampuan lambung dan usus dalam menyerap makanan. Hal ini disebabkan oleh kelainan akibat pencernaan makanan maupun kelainan yang secara langsung mempengaruhi penyerapan makanan.

Penderita malabsorbsi biasanya akan mengalami penuruna pada berat badannya, akibat lemak tidak diserap dengan maksimal. Maka, tinja akan menjadi berwarna kuning, lembek, berbau busuk dan sangat banyak.  Dalam pengobatannya ada dua hal yang harus dihindari apabila anda penderita malabsorbsi, yaitu:

  1. Menghindari Makanan yang Mengandung Gluten Pada Penyakit Celiac
  • Roti : Banyak roti yang terbuat dari tepung gandum dan jangan salah bahwa pizza, muffin dan croissant juga termasuk kedalam jenis roti. Apabila anda ingin mengkonsumsi roti, perhatikan komposisi bahannya. Pastikan bahwa roti yang anda konsumsi bebas dari gluten.
  • Mie : Mie umumnya dibuat dari tepung terigu yang mengandung gluten, semakin tinggi kadar gluten dalam mie. Maka, tekstur mie akan semakin keras.
  • Sereal : Hampir semua sereal berasal dari tepung gandum yang mengandung gluten, termasuk biji gandum dan oat. Pastikan sereal yang anda pilih terbuat dari tepng beras atau tepung jagung.
  • Pasta : Siapa yang tidak kenal pasta? Makanan asal Italia ini sangat terkenal diseluruh dunia. Namun, sayangnya makanan ini terbuat dari gandum dan kawan-kawannya. Seperti, spaghetti, macaroni dan fettucine adalah berbahan dasar pasta.
  • Kue dan Biskuit : Banyak sekali kue dan biskuit yang terbuat dari tepung terigu dan gandum hingga tidak bebas akan gluten. Untuk kue tradisional seperti putu mayang dan getuk lindri juga mengandung gluten serta untuk kue luar, brownies merupakan kue yang juga mengandung gluten.

Melihat daftar makanan yang mengandung gluten cukup banyak. Anda tidak perlu khawatir karena makanan enak yang bebas gluten pun sangat banyak. Seperti, kacang-kacangan, nasi, kacang kedelai, kentang, ikan, tepung tapioka, sayur serta buah merupakan makanan bebas gluten.

  1. Menghindari Makanan yang Mengandung Laktosa pada Orang Intoleransi Laktosa
  • Susu dan Es krim. Susu & es krim terkenal akan minuman dengan kadar laktosanya yang tinggi. Laktosa yang terkandung dalam susu & es krim tidak akan mampu dicerna sempurna sehingga akan menyebabkankembung karena gas berkumpul dalam perut serta timbulnya rasa nyeri.
  • Permen
  • Salad Dressing

Selain makanan yang mengandung laktosa, beberapa obat-obatan juga ada yang mengandung laktosa. Seperti, Pil KB, Obat untuk asam lambung dan gas, serta beberapa obat yang dijual bebas lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY