Mengalihkan Hasrat Seksual Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa transisi dari anak-anak ke remaja memang menjadi masa yang sangat sensitif dalam banyak hal. Perubahan dialami tidak hanya dalam bentuk fisik melainkan juga secara psikologi serta pola pikirnya. Masa puber inilah yang wajib menjadi masa yang harus menjadi perhatian kalangan orang tua. Bukan sekedar menetapkan yang boleh dan tidak untuk dilakukan tetapi juga harus ada pendampingan ekstra dalam hal ini. Masa yang sangat rentan karena pada saat remaja ini larangan akan membuat rasa penasarannya semakin tinggi. Oleh karena itu sebagai orang tua sebaiknya cerdas memilih alasan dan menyampaikan pengertian secara benar. Sehingga tidak terjadi pemahaman yang salah dimiliki oleh anak-anaknya.

Perubahan fisik yang dialami anak diusia remaja tentu saja disertai dengan semakin besarnya rasa ingin tahunya termasuk dalam ranah seksual. Kemunculan hasrat seksual juga mulai disadari adanya pada masa tersebut, sehingga remaja ini penting mendapatkan pendidikan seksual sejak dini. Upaya menyampaikan pengetahuan seksual bukan berarti diajarkan cara untuk memenuhi kebutuhan seksualnya tetapi lebih pada bagaimana cara yang tepat untuk mengendalikannya. Kenapa hal ini harus di kendalikan? Kenapa tidak biarkan saja para remaja memiliki hastratnya dan mengeksploitasi hal tersebut untuk rasa ingin tahunya? Pemenuhan kebutuhan seksual memang menjadi hak siapa saja terlebih lagi karena hal itu merupakan kebutuhan biologis. Tetapi diusia remaja kesalahan kecil terkait hasrat seksual akan menjadi masalah yang sangat besar. Itulah jawabannya kenapa tidak di biarkan saja hal tersebut, pendampingan sangat di butuhkan. Mengarahkan pada cara yang benar untuk menghadapi hasrat seksual ketika muncul.

Dimulai dari memberikan pengetahuan dasar tentang seksual pada remaja akan menjadi bekal dalam menghadapi keinginan seksual yang memang dalam kondisi tinggi diusia rentan tersebut. Imajinasi yang dimiliki oleh remaja juga menjadi pemicu kuat untuk melakukan pelampiasaan seksual seperti masturbasi dan lainnya. Daya tarik seksual dari lingkungannya juga akan sangat berpengaruh pada pola pikirnya bahkan tidak menutup kemungkinan fantasi seks akan menghampiri mereka secara tidak terduga. Seperti yang tertulis sebelumnya kunci nya adalah pengendalian.

Hasrat seks remaja dapat dikendalikan dengan baik ketika remaja ini memiliki pemahan seksual yang tepat. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan hastrat seksual pada remaja diantaranya:

  • Mengatur kesibukan sehingga tidak ada banyak waktu luang untuk memikirkan seksualitas
  • Melakukan hal –hal baru saat hasrat tersebut muncul seperti berolah raga atau berkumpul bersama teman
  • Hindari totonan pornografi yang dapat meningkatkan hasrat seksual tersebut
  • Mainkan game adrenalin untuk menekan hasrat tersebut

Pada usia remaja kebutuhan seksual sebenarnya akan terpenuhi secara alami, sehingga tidak akan ada masalah jika mengabaikan hasrat seks pada usia tersebut. Dengan mengarahkan kepada aktivitas positif dan juga pemikiran yang positif akan menghindarkan pada cara pelampiasan yang salah, dan berdampak salah juga. Selamatkan masa remaja dengan mengalihkan fokus seksual kearah yang lebih berguna. (WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY