Mengapa Air Hujan Bisa Membuat Seseorang Terkena Flu dan Masuk Angin?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Turunnya hujan memang tidak dapat diprediksi. Bisa saja pagi hari cerah namun sore harinya hujan turun dengan lebatnya. Sebaliknya, kadang mendung sudah gelap namun tidak juga turun hujan.

Hujan memiliki beberapa manfaat seperti mengairi sawah petani. Air hujan juga mendukung kehidupan manusia karena hujan yang jatuh, meresap ke tanah dan air tanah ini nantinya yang akan dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan sehari- hari seperti mencuci, mandi, memasak dan lain- lain.

Belakangan ini, di beberapa kota bahkan merata hampir di semua kota di Indonesia, sudah mulai musim penghujan. Sore hari ketika saat pulang kantor, hujan turun dengan derasnya. Terkadang sebagian orang yang lupa membawa mantel maupun payung nekat pulang hujan- hujanan. Keinginan untuk bisa segera bertemu dengan keluarga di rumah memang alasan yang masuk akal sampai harus berjuang menembus hujan.

Walaupun hujan memiliki banyak manfaat, namun air hujan yang turun dan terkena tubuh Anda langsung bisa saja membuat Anda sakit. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sakit setelah berhujan- hujanan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Air hujan membawa polutan yang tidak baik bagi tubuh

Hujan yang terjadi di daerah pegunungan mungkin saja masih terasa sejuk, namun berbeda dengan hujan yang terjadi di perkotaan. Kota yang dipenuhi dengan pabrik, limbah dan polusi udara telah terkumpul di muatan awan dan hujan membawa polutan tersebut.

  1. Hujan membuat suhu tubuh seseorang menjadi dingin

Saat turun hujan, hal tersebut membuat  suhu tubuh normal mendadak berubah menjadi dingin. Itu membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menurun dan virus yang terbawa dapat menginfeksi tubuh lebih cepat pada seseorang dengan kekebalan tubuh yang rendah. Karena itu mereka yang berhujan- hujanan tanpa pelindung sama sekali akan mudah sakit.

Dua hal tersebut adalah alasan utama seseorang terkena sakit akibat hujan. Sakit yang ditimbulkan adalah flu, masuk angin, pilek dan seputar itu.

Hal tersebut tentu bisa dicegah. Kemanapun Anda pergi, persiapkan payung atau mantel yang membuat Anda terlindung dari air hujan secara langsung.

Namun kalau sedang tidak membawa dua benda tersebut dan memang benar- benar terpaksa untuk menembus hujan, mandilah dengan air hangat setelah hujan- hujanan. Bilas rambut agar air hujan segera hilang. Kemudian minum air putih hangat dan gantilah baju yang basah dengan baju yang lebih hangat.

Anda juga bisa mencegah untuk masuk angin dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Ditambah dengan vitamin dan makan makanan yang bergizi. Olah raga juga akan membantu Anda untuk selalu sehat. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here