Mengapa Terdapat Tanda Lahir pada Bayi?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah anak Anda memiliki tanda lahir seperti titik coklat atau noda hitam. Meski akan titik coklat atau noda tersebut bisa memudar seiring pertumbuhan, namun ada beberapa tanda lahir yang tidak bisa hilang.

Bayi dan tanda lahir seakan tidak dapat dipisahkan, karena keberadaan tanda lahir pada bayi cukup sering dialami. Tanda lahir pada bayi dapat bervariasi, mulai dari yang hampir tidak terlihat, sangat jelas terlihat hingga ada tanda lahir yang mengganggu penampilan seseorang setelah pertumbuhannya.

Tanda tersebut dapat berupa bintik rata seperti memar atau bintik yang timbul pada permukaan kulit. Tidak peduli seperti apa bentuk dan penampilannya, noda atau bintik ini sangat menjengkelkan, namun sebagian besar jenis tanda lahir sama sekali tidak berbahaya.

Lantas, apa yang menyebabkan munculnya tanda lahir pada bayi?

Berdasarkan mitos yang berkembang di masyarakat, tanda lahir seseorang disebabkan oleh keinginan sang ibu yang tidak kesampaian pada saat hamil. Misalnya ibu memiliki keinginan makan buah stroberi selama kehamilan, kemudian tidak terpuaskan hingga bayi lahir, kemudian setelah lahir, bayi akan memiliki tanda lahir seperti stroberi.

Untungnya, hal tersebut tidak lebih dari sebuah mitos belaka. Hingga saat ini munculnya tanda lahir pada bayi tidak bisa dicegah bahkan sekalipun Anda mencoba dan apa pun yang Anda usahakan serta lakukan selama kehamilan untuk mencegah tidak adanya tanda lahir, tanda tersebut masih tetap saja muncul.

Beberapa ahli percaya jika tanda lahir biasanya tidak diwariskan oleh orang tua, dan juga tidak disebabkan oleh trauma kulit selama proses persalinan. Tanda lahir yang muncul pada orang-orang Asia juga jauh lebih umum terjadi dibanding bayi dari benua lainnya.

Mungkin saja bayi anda masih memiliki tanda lahir beberapa tahun setelah lahir. Kondisi seperti ini termasuk salah satu dari dua jenis tanda lahir yang disebut pembuluh darah atau pigmentasi. Adanya pembuluh darah di bawah kulit bayi Anda bisa menyebabkan timbulnya tanda pembuluh darah dalam bentuk nuansa merah dan merah muda.

Namun, di sisi lain tanda lahir dari pigmentasi biasanya berwarna coklat agak gelap, hal ini sebagai akibat dari pigmentasi abnormal yang terjadi antar sel kulit. Setiap tanda lahir memiliki penyebab berbeda-beda tergantung jenisnya. Nah, terlepas dari penyebab timbulnya tanda lahir pada bayi, alangkah lebih baik jika anda mengetahui pengelompokan dari jenis tanda lahir yang terjadi pada bayi.

Tanda Lahir Vaskular

Tanda lahir vascular disebabkan oleh adanya pembuluh darah abnormal pada bagian bawah kulit. Bercak yang timbul ini biasanya berwarna merah, merah muda, biru, dan ungu. Tanda lahir jenis ini  biasanya muncul di bagian wajah, leher dan kepala.

Contohnya, tanda lahir stroberi. Secara medis tanda lahir ini disebut  hemangioma infantil. Tanda lahir stroberi muncul pada bayi dengan bentuk mirip buah stroberi. Namun, jika muncul pada bagian bawah kulit yang lebih dalam, maka bercak ini dapat berwarna ungu atau biru.

Tanda Lahir Berpigmen

Munculnya tanda lahir dari pigmen merupakan bentuk dari adanya kelompok sel  yang memiliki pigmen di kulit. Bercak yang muncul biasanya berwarna coklat atau noda hitam.

Contohnya tahi lalat besar. Tanda ini umumnya berwarna hitam atau coklat dan sudah bisa terlihat sejak bayi baru lahir.  Umumnya ukuran tanda lahir ini berkisar antara 1,5 hingga 2,0 cm. Namun, anda tak perlu khawatir karena tanda tersebut akan mengecil seiring dengan dengan tumbuh kembang sang bayi. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here