Mengapa Wanita Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan Daripada Pria?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua orang, terutama untuk wanita. Tidak hanya menunjang penampilan, berat badan yang ideal juga baik untuk kesehatan. Karena dengan berat badan yang ideal membantu terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, kanker dan jantung. Banyak wanita yang akan berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan berbagai alasan. Namun ternyata, banyak juga yang mengeluhkan betapa sulitnya mereka untuk menurunkan berat badan walaupun sudah berusaha keras dengan berbagai cara, mulai dari program diet, menurunkan asupan kalori dan rutin olahraga. Sebaliknya jika diperhatikan, kaum pria sepertinya lebih mudah menurunkan berat badan. Mereka cukup melakukan beberapa upaya, tetapi hasilnya lebih cepat terlihat. Lalu sebenarnya apakah penyebab wanita cenderung lebih sulit menurunkan berat badannya daripada pria?

Berikut penulis paparkan beberapa alasan mengapa wanita lebih sulit menurunkan berat badannya daripada pria.

  1. Faktor Biologis

Alasan yang pertama dipicu oleh faktor biologis. Pria secara fisik lebih besar daripada wanita. Dengan massa otot yang lebih banyak, mereka memiliki metabolisme lebih cepat dan secara alami pria mampu membakar kalori lebih cepat. Karena itu, wajar apabila para pria bisa cepat menurunkan berat badan hanya dengan berolahraga dan mengubah sedikit pola makan mereka.

Berbanding terbalik dengan wanita. Wanita lebih banyak memiliki lemak dibanding otot dalam tubuh mereka. Jumlah lemak yang ada pada wanita, dua kali lipat jumlahnya dari pria. Karena wanita sebagai calon ibu, maka lemak ini penting diperlukan untuk membantu mereka ketika hamil dan menyusui.

  1. Faktor Perbedaan Hormon

Alasan yang kedua adalah perbedaan hormon pada wanita dan pria. Wanita dan pria memiliki kadar hormonal yang sangat berbeda. Para wanita memiliki hormon testosteron 15-20 persen lebih sedikit. Hormon inilah yang memicu pembakaran lemak dan pembentukan otot. Secara alami, hormon pria sangat membantu dalam proses menurunkan berat badan. Wanita juga memiliki hormon progesteron yang memicu rasa lapar. Tidak hanya itu, hormon ini juga membuat wanita merasa mengantuk dan kurang berolahraga. Sehingga hal ini semakin memicu kenaikan pada berat badan.

  1. Ikatan Emosional Yang berbeda Terhadap Makanan

Faktor yang terakhir adalah adanya ikatan emosional pada wanita dan pria yang berbeda terhadap makanan. Beberapa penelitian menemukan bahwa wanita umumnya memiliki ikatan emosional yang lebih tinggi terhadap makanan jika dibandingkan dengan pria. Tentu saja hal inilah yang menjadi penyebab sulitnya wanita untuk mengikuti jadwal pola makan yang sehat. Ikatan emosional yang tinggi terhadap makanan juga menyebabkan para wanita sulit untuk kembali menahan keinginannya pada saat menjalankan program dietnya. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here