Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Asam lambung sebenarnya berfungsi sebagai pengurai makanan dalam lambung. Pola makan atau pola hidup yang salah bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh saat berpuasa, salah satunya penyakit asam lambung. Asupan makanan yang kurang baik yang memiliki kadar keasaman tinggi dapat memicu asam lambung  Anda. Walau penyakit ini sudah umum dimasyarakat, Anda perlu mewaspadainya karena penyakit jenis ini beresiko menjadi kanker tenggorokan pada tubuh Anda.

Asam lambung atau Gastroesophegeal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi naiknya asam lambung menuju esofagus yang menimbulkan nyeri pada ulu hati atau dada merasa terbakar. Esofagus atau kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dengan lambung.

Ada baiknya Anda mengenali gejala-gejala dari asam lambung itu sendiri, antara lain:

  1. Rasa tidak nyaman setelah makan dari lambung menuju dada bahkan ke tenggorokan
  2. Nyeri pada ulu hati
  3. Dada terasa terbakar
  4. Perut kembung dan mual
  5. Cegukan
  6. Muntah darah atau tinja berdarah atau tinja berwarna hitam
  7. Turunnya berat badan tanpa adanya penyebab pasti

Jika sudah mengetahui gejala-gejalanya sebaiknya Anda melakukan pengobatan secara herbal seperti:

  • Konsumsi Pisang. Pisang mampu meredam produksi HCl pada tubuh yang berlebih.
  • Kunyit. Cincang kunyit kemudian rebus dengan 1,5 gelas air. Masak selama 15 menit kemudian saring. Tambahkan madu atau gula merah untuk campuran minum
  • Jahe. Anda bisa menambahkan jahe untuk campuran minuman. Jahe berfungsi untuk membuang gas dalam tubuh dan menghindari tubuh dari peradangan.

Jika pengobatan atau langkah diatas belum mampu menurunkan kadar asam lambung Anda sebaiknya periksakan segera ke dokter untuk menghindari asam lambung Anda lebih kronis.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, istilah itu mungkin tidak asing bagi Anda. Saran dari dokter ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyakit menyerang tubuh Anda. Dibawah ini beberapa pencegahan yang bisa Anda  lakukan di bulan puasa:

  • Jaga berat bedan Anda tetap stabil

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat membuat asam lambung lebih mudah tertekan ke tenggorokan, ini merupakan penyebab adanya rasa nyeri di ulu hati Anda. Ada baiknya lakukan olahraga ringan saat berpuasa, 30 menit sebelum berbuka atau 1-2 jam setelah waktu berbuka.

  • Jaga pola makan

Hindari minuman atau makanan dengan kadar asam tinggi seperti kopi dan teh. Kopi juga membuat Anda lebih cepat buang air kecil sehingga membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Perbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan lambung Anda dan menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa.

  • Hentikan kebiasaan merokok

Banyaknya dampak buruk akibat merokok tidak hanya buruk bagi  kesehatan Anda tapi juga bagi kesehatan financial. Selain meningkatkan kadar asam pada lambung rokok juga menyebabkan mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Jadi bagi Anda wanita perokok tidak perlu lagi ragu untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda karena hanya memberikan banyak kerugian saja.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY