Mengatasi Bau Mulut pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit bau mulut atau halitosis adalah keadaan di mana terdapat bau yang tidak sedap dari napas seseorang. Masalah bau mulut mungkin sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, karena bau mulut sangat  mengganggu dalam pergaulan. Akibat bau mulut membuat orang sekeliling akan merasa terganggu dan merasa tidak nyaman, terutama dalam berkomunikasi.

Pada orang sehat, bau mulut sering kita jumpai terutama sewaktu  bangun tidur di pagi hari. Halitosis paling sering terjadi pada orang yang sedang sakit dibandingkan orang sehat.  Bau mulut juga lebih sering  dialami oleh pria ketimbang wanita. Hal itu disebabkan karena kebiasaan gaya hidup yang dianut para pria, seperti merokok, minum minuman alkohol, kurang rajin menyikat gigi setelah makan, dan lain-lain. Karena, pria terkenal dengan sifat mereka yang tidak suka ribet, sehingga hal-hal kecil seperti kebersihan mulut kadang kurang mereka perhatikan.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut :

  • Minum Kopi hitam. Kopi hitam merupakan salah satu cara yang ampuh dan praktis untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa langsung minum kopi yang sudah diseduh atau langsung ambil kopi hitam yang masih segar kemudian dimakan langsung. Memang pahit tapi sangat ampuh.
  • Minum susu. Cara selanjutnya dalam menghilangkan bau mulut yaitu dengan minum susu. Susu yang bisa menghilangkan bau mulut yaitu susu kental manis. Kandungan susu akan membuat gigi sehat dan melindungi gigi dari kerusakan. Saat gigi sehat maka bau mulut pun tidak akan ada lagi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyeduh susu kental manis kemudian minum secara rutin.
  • Makan buah. Buah-buahan juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Buah yang kaya akan vitamin C bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam mulut dan bisa membantu menghilangkan bau mulut.
  • Mengunyah permen karet. Selain menutupi bau dengan beberapa jenis aroma yang segar, permen karet juga merangsang produksi air liur. Tapi hindari permen rasa mints, karena mints tidak mendorong produksi air liur. Pilihlah permen karet yang berkualitas. Permen karet yang asal-asalan malah menyebabkan gigi Anda sakit.
  • Minum air. Minumlah banyak air putih dan gunakan air dengan berkumur di antara sela-sela gigi Anda. Air tidak selalu meningkatkan produksi air liur, tapi itu akan membersihkan mulut dan itu baik untuk membuat mulut Anda tetap lembab.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY