Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjalankan puasa ramadhan sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim yang sudah memasuki masa baligh. Bagi remaja penampilan menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan dimana pada masa ini remaja memasuki masa pubertas dan mencari jati diri mereka. Lalu bagaimana jika saat berpuasa mulut mengeluarkan bau yang tidak diinginkan? Tentu ini menjadi hal yang tidak menyenangkan oleh para remaja.

Bagi Anda yang ternganggu dengan kondisi bau mulut sebaik ikuti tips dibawah ini agar bau mulut kembali segar saat berpuasa:

  • Membersihkan gigi secara teratur. Menggosok gigi sampai bersih usai sahur mampu menghilangkan sisa-sisa makanan yang bisa membusuk di sela-sela gigi Anda dan menyebabkan bau mulut tak sedap.
  • Perbanyak minum air putih. Konsumsi 2-3 gelas air putih saat sahur mampu menjaga mulut dari kekeringan yang bisa menimbulkan bau mulut. Konsumsi air putih juga dapat meningkatkan produksi air liur sehingga terhindar dari mulut kering. Perbanyak konsumsi air putih 1,5-2 liter selama waktu berbuka hingga sahur juga bisa menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi saat berpuasa.
  • Berhenti merokok. Selain buruk bagi kesehatan organ tubuh, rokok juga menyebabkan bau tidak sedap pada mulut. Sebaiknya berhentilah merokok bagi Anda yang ingin menjaga bau mulut yang segar dan tubuh lebih sehat pula.
  • Konsumsi buah dan sayur. Kandungan air pada buah dan sayur mampu menjaga mulut Anda dari kekeringan. Selain itu buah dan sayur juga baik bagi pertumbuhan Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  • Gunakan obat kumur. Menggunakan obat kumur atau mouthwash usai menggosok gigi membantu mulut Anda bersih maksimal dan membuat mulut lebih segar.
  • Hindari makanan berbau tajam. Alangkah baiknya Anda menghindari makanan dengan bau tajam seperti petai, jengkol, atau durian. Bau yang menyengat seringkali membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman saat mengobrol dengan Anda.
  • Gunakan siwak. Penggunaan siwak ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW bagi umat muslim¬† yang berpuasa.¬† Gunakan siwak untuk membersihkan gigi dan lidah Anda.
  • Teh hijau. Anda juga bisa menggunakan teh hijau saat berbuka dan sahur. Konsumsi teh hijau tanpa gula mampu membunuh bakteri di mulut karena kandungan zat aktif catechin dalam teh hijau.

Beberapa tips diatas bisa Anda terapkan untuk menjaga bau mulut tetap segar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY