Mengatasi Bibir Anak Kering dan Pecah-Pecah saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika seseorang sedang menjalankan aktivitas berpuasa, terkadang akan mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Hal tersebut sangat wajar karena tubuh mengalami kekurangan cairan. Lantas bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah pada anak saat berpuasa?

Anak yang sedang belajar berpuasa, memang harus mendapatkan pengawasan khusus dari orangtua. Makan sahur yang tidak optimal bisa mengakibatkan tubuh anak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Puncaknya anak dapat mengalami bibir kering atau pecah-pecah.

Guna mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, anak harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Orangtua bisa memerintahkan anak untuk banyak minum air putih atau mengonsumsi sayur dan buah yang memiliki banyak kandungan air. Selain itu terdapat beberapa cara yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah pada anak.

  1. Lakukan pengelupasan kulit bibir yang mati. Orangtua dapat melakukan langkah ini, pertama basahi bibir anak dengan air hangat. Selanjutnya gosok bibir dengan menggunakan sikat gigi yang lembut. Lakukan dengan cara perlahan-lahan agar tidak melukai bibir. Tujuannya untuk mengelupaskan kulit bibir yang mati.
  2. Anak bisa menggunakan lip balm. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah pada anak, bisa juga dengan menggunakan lip balm. Pilihlah lip balm yang mengandung minyak alami dan memiliki label SPF (sun protection factor). SPF dapat menjaga bibir anak dari sinar matahari, yang juga mengakibatkan bibir kering.
  3. Anak harus menghindari makanan asin dan pedas. Orangtua harus mengindari anak dari makanan yang asin dan pedas ketika sahur atau berbuka. Pasalnya pakanan yang terlalu asin dan pedas dapat mengakibatkan bibir kering.
  4. Anak disarankan untuk tidak menjilat bibir. Kebiasaan anak menjilat bibir tidak banyak membantu untuk mengatasi kering ataupun pecah-pecah. Sebaliknya kebiasaan ini justru dapat memperburuk kondisi kulit pada bibir anak. Pasalnya air liur yang menempel bisa mengakibatkan bibir menjadi lebih kering. Alhasil orangtua perlu mengawasi anak untuk tidak menjilati bibirnya.
  5. Mengolesi bibir dengan madu. Cara alami guna mengatasi bibir anak yang kering dan pecah-pecah bisa juga dengan menggunakan madu. Anak bisa mengonsumsi madu tersebut pada sahur dan berbuka. Selain dikonsumsi, madu juga bisa diolesi pada bibir anak. Orangtua dapat mengoleskan madu di bibir anak sebelum

Anak diminta mengonsumsi sayur dan buah. Mengonsumsi sayur dan buah dapat membantu mengobati kulit bibir yang kering dan pecah-pecah. Vitamin yang terkandung pada sayur dan buah, akan mengobati kulit bibir dari dalam tubuh. Hanya saja banyak anak yang malas untuk mengonsumsi sayur dan buah. Orangtua harus memberikan pemahaman kepada anak untuk mengonsumsi sayur dan buah, karena juga memberikan dampak positif bagi kesehatan. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY