Mengatasi Bibir Pecah-pecah saat Puasa pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selama menjalani ibadah puasa tubuh cenderung kekurangan cairan yang masuk. Hal ini karena waktu makan kita yang berkurang, sehingga secara otomatis asupan minum atau kadar cairan yang masuk ke dalam tubuh juga berkurang. Baik berkurang dalam jumlah yang banyak maupun dalam jumlah sedikit. Seperti kita ketahui bersama bahwa cairan merupakan unsur penting yang harus banyak terkandung serta diperlukan di dalam tubuh kita. Jika tubuh kekurangan asupan cairan yang masuk, maka akan menimbukan beberapa penyakit ringan yang sering kali menyerang tubuh kita.

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah yang sering terjadi pada siapapun termasuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Permukaan kulit bibir yang pecah-pecah tersebut akan terasa mengganggu bagi penampilan kita terutama bagi Anda yang merupakan pekerja yang membutuhkan penampilan menarik untuk menunjang karir Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir lagi masalah bibir Anda yang pucat dan tidak segar. Berikut adalah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

  • Banyak minum air putih. Air putih sangat berguna untuk mengembalikan cairan tubuh sehingga bibir menjadi lebih lembab. Saat sahur dan berbuka puasa, perbanyaklah asupan air putih untuk mengembalikan cairan tubuh.
  • Menyingkirkan kulit mati. Kulit bibir yang mengering sebaiknya rutin dibersihkan seminggu sekali. Lakukan pengelupasan kulit mati di bibir dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus. Sebelumnya, olesi bibir dengan petroleum jelly, lalu perlahan gogok bibir dengan sikat gigi.
  • Lipbalm. Sebaiknya saat udara mulai terasa panas dan kering, oleskan lipbalm untuk menjaga bibir tetap lembab dan lembut. Gunakan lipbalm dengan SPF 15 hari pada siang hari. Pilih juga lipbalm yang kaya pelembab (moisturizer) dan mengandung minyak alami.
  • Hindari makanan asin dan pedas. Makanan yang asin membuat mulut jadi kering, sehingga berpotensi menimbulkan bibir pecah-pecah. Pasalnya, asupan cairan tubuh diserap oleh garam. Hindari juga makanan pedas selama puasa, karena bisa membuat Anda diserang haus sepanjang hari.
  • Madu. Madu bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan bibir. Saat menjalani puasa agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah, oleskan madu di atas bibir sebelum tidur, saat sahur dan minumlah madu sebanyak tiga sendok makan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY