Mengatasi Darah Rendah pada Pria saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Darah rendah merupakan kondisi dimana tubuh mengalami tekanan darah yang lebih rendah dari biasanya. Tekanan darah manusia pada umumnya berkisar 120/80 mmHg. Penderita darah rendah mempunyai tekanan darah lebih rendah dari 90/60 mmHg.

Gejala yang biasa diakibatkan oleh tekanan darah rendah adalah lemas, letih, lesu, mual, muntah, sesah, pandangan berkunang-kunang, pusing bahkan jika parah bisa menyebabkan pingsan. Hal yang umum dialami oleh penderita darah rendah terasa pusing ketika bangun dari posisi duduk.

Umumnya penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita karena wanita lebih sering lupa makan jika sedang dalam keadaan sibuk sehingga asupan gizi tidak terpenuhi dengan sempurna. Walau demikian pria juga memiliki peluang menderita darah rendah.

Anda tidak perlu khawatir dengan darah rendah karena tidak terlalu berbahaya seperti tekanan darah tinggi yang bisa mengakibatkan kematian. Jika Anda mengalami darah rendah pada saat berpuasa, Anda cukup lakukan beberapa tips dibawah ini tanpa harus mengkonsumsi obat:

  • Lakukan olahraga

Anda harus tetap melakukan aktivitas olahraga saat berpuasa untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil. Selain itu, bagi Anda seorang pria hal ini juga mampu menjaga postur tubuh Anda tetap proporsional dan tidak ada penumpukan lemak di perut.

  • Jaga pola makan sehat dan bergizi

Cukupi kebutuhan kalori, protein, vitamin B dan C Anda. Pemenuhan gizi empat sehat lima sempurna perlu Anda lakukan untuk menjaga asupan darah ke jantung dan organ vital lainnya stabil. Disiplin makan ketika waktu berbuka dan sahur.  Konsumsilah bayam,  hati ayam kampung/sapi/kambing, dan keju. Hindari konsumsi makanan yang pahit dan asam.

  • Tambah asupan garam dalam tubuh

Lain halnya dengan penderita tekanan darah tinggi, pemilik riwayat darah rendah dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan kadar garam lebih tinggi dari biasanya. Satu sampai dua sendok garam penuhi kebutuhan garam Anda selama puasa.

  • Penuhi kebutuhan air putih

Konsumsi 8 sampai 10 gelas air putih dari waktu berbuka sampai sahur.

Jika saat berpuasa Anda mengalami gejala darah rendah sebaiknya Anda berbaring dan biasakan untuk mengubah kebiasaan berdiri secara terburu dari posisi duduk.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY