Mengatasi Diare saat Mudik pada Remaja

SehatFresh.com – Hari raya idul fitri sudah hitungan dua pekan lagi. Bagi Anda dan kelaurga yang berada di tanah perantauan pasti sudah mempersiapkan diri untuk melakukan tradisi rutin sebelum waktu lebaran tiba yaitu mudik. Kegiatan mudik ini biasa dilakukan oleh para kaum urban di kota-kota besar untuk kembali pulang ke daerah masing-masing berkumpul bersama keluarga.

Dalam perjalanan menuju kampung halaman terkadang ada saja halangan atau kondisi kesehatan terganggu contohnya diare. Diare mererupakan penyakit dimana kondisi feses atau tinja mengandung cairan berlebih. Biasanya feses menjadi lebih lembek dan cair, penderitanya akan merasakan sakit perut dan bolak balik ke kamar mandi setidaknya tiga kali dalam sehari.  Hal ini sudah tentu sangat mengganggu jika kita mengalaminya saat berada di perjalanan.

Ada banyak faktor penyebab mengapa tubuh mengalami diare, diantaranya: infeksi, virus, parasit seperti jamur, alergi, kurangnya nustrisi dan lain sebagainya. Kebersihan juga mempengaruhi kesehatan seseorang, selama perjalanan kebersihan harus tetap diperhatikan utamanya kebersihan makanan. Makanan dengan tingkat kebersihan rendah memiliki resiko membuat tubuh Anda terkena diare lebih tinggi.

Memang hampir setiap orang pernah mengalami sakit diare, namun jika diare disepelekan bisa berakibat semakin kronis. Tubuh yang dehidrasi akibat banyak kehilangan cairan ini bisa menyebabkan seseorang harus dirawat di rumah sakit.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan RI pada tahun 2007, diare merupakan penyakit penyebab kematian urutan ketiga setelah Pneumonia dan TBC dalam kategori menular. Golongan usia yang paling banyak mengalami diare adalah balita dengan besaran 16,7 persen.

Jika dalam perjalanan Anda atau keluarga ada yang mengalami diare alangkah baiknya tangani dengan beberapa cara dibawah ini:

  • Obat Diare

Sebaiknya Anda sudah mempersiapkan berbagai macam obat sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal ini agar cepat dalam menangani berbagai gangguan kesehatan salah satunya diare. Jika Anda tidak mempersiapkannya cobalah untuk membeli obat diare ditoko obat atau warung di sepanjang perjalanan Anda.

  • Oralit

Teguk larutan oralit sedikit demi sedikit, 2-3 teguk dan berhenti 3 menit untuk memberi kesempatan oralit diserap oleh usus dan menggantikan garam dan cairan yang hilang dalam feses. Ulangi langkah ini terus menerus sampai 1 gelas habis. Dengan oralit tubuh terjaga dari dehidrasi karena tubuh menjadi tidak terlalu banyak kehilangan cairan.

  • Kompres perut dengan air hangat

Diare menyebabkan perut menjadi sakit dan tidak nyaman. Kompreslah perut Anda dengan air hangat untuk meringankan rasa sakit pada perut.

  • Makan buah salak dan jambu biji

Rasa sepat yang terdapat dikedua buah ini mampu membuat produksi cairan di dalam feses. Sehingga feses menjadi keras dan tidak lembek. Jenis salak dengan rasa sepat bagus untuk menangani diare. Jambu yang digunakan juga sebaiknya jambu klutuk, memakan buah ini dikondisikan jika Anda menjumpai pasar atau toko buah sempatkanlah untuk membeli buah ini. Jika kedua buah ini tidak ada, Anda bisa menggunakan apel sebagai gantinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY