Mengatasi Insomnia pada Remaja saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Umumya pada masa ini mereka banyak sekali melakukan hal yang menyenangkan dan selalu ingin tahu. Mulai dari hal kecil sampai hal paling rumit pada masa ini mereka mulai berfikir dan mencari hal-hal logis untuk menjelaskan suatu hal yang tidak anda mengerti.

Biasanya untuk remaja laki-laki mereka sangat suka berkompetisi dan membentuk geng dan untuk remaja perempuan mereka suka berkumpul dan saling curhat tentang apa saja. Di masa ini juga banyak sekali perubahan sehingga banyak menimbulkan hal positif dan negatif sedangkan untuk hal negatif yang di timbulkan salah satunya adalah insomnia.

Memang benar bahwa insomnia menyerang pada siapa saja tidak peduli besar kecil tua muda laki-laki perempuan hampir semuanya pasti pernah merasakan insomnia. Kebutuhan tidur setiap orang itu relatif karena berbeda individu berbeda juga aktifitasnya begitu juga dengan remaja kebutuhan tidurnya berbeda tetapi rata-rata tidur bagi remaja adalah 8-10 jam dalam sehari.

Jika masalah gangguan tidur tersebut mulai menyerang anda berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi nya:

  1. Buatlah jadwal untuk tidur di malam hari. Membuat jadwal tidur sangat bagus dilakukan targetlah waktu tidur antara pukul 21.00 wib s/d 22.00 wib.
  2. Jauhi memegang hp disaat mau tidur. Faktor penyebab utama insomnia susah tidur dikalangan remaja yaitu handphone ditangan karena dengan adanya hp yang anda pegang membuat anda terpengaruh oleh aktivitas online, sms, bbm, browsing, teleponan dan lain-lain. Jauhkan barang-barang berbentuk elektronik baik TV, komputer, terutama handphone.
  3. Hindari minum minuman bercafein. Tak kala anda berselancar di dunia maya di malam harinya hindari online dengan segelas air minum yang berkacafein atau kopi ini sering kita lakukan di malam hari untuk itu cegah datangnya insomnia dengan menghindari minum kopi.
  4. Bersihkan tempat tidur dari bau dan kotoran. Kebersihan kamar tempat tidur dapat mengpengaruhi suasana tidur maka daripada itu usahakan kamar maupun ranjang bersih dan wangi.
  5. Minumlah segelas air putih atu teh hangat. Sebelum merabahkan diri waktu tidur yang telah ditargetkan telah tiba minumlah segelas air putih boleh hangat hangat kuku atau teh manis panas sebelum tidur mencegah insomnia untuk meransang dan melemaskan otot-otot yang kaku(tegang) dalam mengatsi sulit tidur insomnia.
  6. Cobalah dengar musik atau pengajiaan Al-Qur’an sebelum tidur. Mendengarkan musik atau mendengarkan pengajiaan sebelum tidur juga dapat membantu untuk mengatsi insomnia semua tergantung dari kebiasaan sesuaikanlah mana yang cocok untuk anda.
  7. Bebaskan pikiran dari segala permasalahan dan berdoalah. Bebaskan pikiran dari segala permnasalahan hidup dengan berserah diri seraya berdo’a sebelum tidur.

Itulah beberapa cara yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Mengatasi Insomnia Dengan Cepat Dan Mudah, silahkan bagi anda yang memiliki penyakit insomnia untuk mengikuti cara cara diatas agar insomia anda cepat hilang dan dapat tidur dengan normal kembal, jika memang tidak ada perubahan silahkan periksa ke dokjter yang ahli pada bidang ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY