Mengatasi Kecemasan Seksual Dalam Pernikahan

SehatFresh.com – Kehidupan itu berhubungan dengan masalah. Berbagai masalah tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari, termasuk masalah hubungan seksual dengan pasangan. Salah satu masalah yang sering terjadi dan banyak dialami oleh pasangan suami istri adalah munculnya kecemasan seksual. Kecemasan seksual bisa merusak kualitas hubungan Anda dengan pasangan. Jika tidak segera ditangani, masalah tersebut bisa meluas pada berbagai masalah serius dalam rumah tangga Anda.

Setiap pasangan tentunya menginginkan kebahagian dalam hubungan pernikahan mereka. Dalam hal ini, kepuasan saat berhubungan seksual dapat memberikan kebahagiaan baik bagi istri maupun suami. Namun tidak selamanya hubungan pernikahan yang dibangun selalu dalam keadaan harmonis, pasti akan ada suatu permasalahan yang mengganggu hubungan pernikahan tersebut. Salah satunya adalah permasalahan dalam hubungan seksual diantara keduanya yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya kecemasan yang mengganggu kualitas hubungan dengan pasangan.

Kecemasan seksual bisa dialami siapa saja baik itu oleh pria maupun wanita. Kecemasan seksual sendiri biasanya terjadi karena berbagai faktor diantaranya rasa sakit saat berhubungan, masalah impotensi, rasa takut tidak bisa memuaskan pasangan, rasa tidak percaya diri saat berhubungan seksual dan rasa takut akan menyakiti pasangan. Umumnya, kondisi ini lebih sering disebabkan karena faktor psikologis. Kecemasan yang Anda rasakan terjadi karena Anda terlalu memikirkan berbagai kemungkinan-kemunginan yang belum tentu terjadi. Akibatnya pikiran Anda terpusat pada kecemasan dan kekhawatiran yang pada akhirnya dapat menurunkan kualitas hubungan seksual Anda dengan pasangan.

Seks seharusnya membuat Anda merasa bahagia karena dekat dengan pasangan. Kecemasan yang terjadi saat berhubungan seksual bisa mempengaruhi kualitas dari hubungan seksual itu sendiri. Akibatnya pasangan menjadi tidak puas dengan hubungan seksual yang dilakukan. Ketidakpuasan tersebut bisa semakin meluas menjadi permasalahan serius yang bisa mengancam hubungan Anda dengan pasangan. Jika tidak ditangani, kecemasan ini dapat menyebabkan kerusakan hubungan, ketidakmampuan untuk memiliki anak, dan kurangnya intensitas hubungan dengan pasangan.

Maka dari itu, jika Anda tidak ingin kualitas hubungan seksual dengan pasangan Anda menurun, Anda harus segera menghilangkan kecemasan Anda. Komunikasi dan keterbukaan adalah hal yang penting dalam hubungan. Bicarakanlah permasalahan yang Anda rasakan dengan pasangan. Buatlah tubuh dan pikiran Anda serileks mungkin. Tubuh dan pikiran yang rileks dapat meningkatkan rasa percaya diri saat berhubungan seksual. Jika masih saja tidak ada perubahan, maka pilihan terbaik adalah mencari bantuan profesional dari seorang ahli.

Sumber gambar : www.deherba.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY