Mengatasi Kelelahan Saat Hamil

SehatFresh.com – Mudah lelah, mudah mengantuk dan lemas seringkali menjadi keluhan ibu hamil di awal kehamilannya. Di awal kehamilan, metabolisme tubuh bekerja dalam intensitas tinggi untuk membentuk plasenta. Berat janin yang semakin bertambah pun membuat ibu membawa beban yang lebih berat, sehingga sangat wajar jika ibu menjadi merasa mudah lelah.

Kelelahan saat hamil merupakan hal yang normal terjadi. Letih dan lelah sangat umum pada kehamilan terutama pada beberapa bulan pertama, karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan kadar hormon yang berubah dengan cepat. Pada trimester kedua kehamilan, penyesuaian dengan hormon kehamilan sudah mulai terjadi sehingga ibu hamil tidak merasakan kelelahan yang berlebih. Memasuki trimester akhir, perubahan berat badan dan pertumbuhan janin yang semakin membesar bisa membuat ibu menjadi mudah lelah.

Untuk mengatasi kelelahan saat hamil, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu ibu, diantaranya :

  • Luangkan waktu untuk beristirahat.

Jika lelah, segera luangkan waktu untuk beristirahat agar tubuh menjadi lebih rileks terutama kaki dan bagian pinggang. Jika ibu hamil juga bekerja, sesuaikan beban kerja dengan irama tubuh. Saat tubuh terasa begitu lelah, kerjakanlah tugas yang mudah. Pandai-pandailah mencuri waktu istirahat. Sempatkan tidur siang saat jam makan siang atau setidaknya angkat kaki selama beberapa menit untuk menenangkan tubuh. Jika memungkinkan, segeralah tidur ketika tiba di rumah. Intinya, ibu hamil perlu istirahat cukup dan dianjurkan tidur 8 jam sehari. Meski demikian, jangan lupa juga untuk melakukan aktivitas fisik ringan, agar tubuh lebih sehat dan fit.

  • Tingkatkan konsumsi makanan sehat
    Makanan sehat bisa mengurangi kelelahan. Setiap menu makan harus mencakup banyak buah, sayuran dan biji-bijian, serta beberapa protein dan susu rendah lemak demi menunjang kecukupan nutrisi untuk tubuh. Minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi. Bagi ibu hamil yang aktif bekerja, kekurangan asupan cairan pada tubuh akan mengakibatkan kelelahan berlebih dan menyebabkan sakit kepala.
  • Hindari pola kerja monoton
    Kelelahan pada ibu hamil bisa pula terjadi karena pola kerja seperti berdiri terlalu lama. Saat hamil, terjadi pelebaran di seluruh pembuluh darah. Akibatnya, banyak ibu hamil yang mengalami varises di kaki, gusi berdarah, atau penurunan tekanan darah. Maka dari itu, saat bekerja, lakukanlah peralihan aktivitas, misalkan jika berdiri terlalu lama maka segeralah untuk duduk. Namun, terlalu lama duduk juga dapat menimbulkan kelelahan. Ibu bisa melakukan gerakan-gerakan ringan untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot.
  • Jaga kadar gula darah tetap stabil
    Ibu hamil perlu memerhatikan kadar gula darah tetap pad tingkat stabil untuk menghindari hipoglikemia (gula darah rendah), yang dapat membuat ibu menjadi lebih cepat lelah. Biasakan untuk sarapan pagi dan mengonsumsi cemilan yang sehat. Hindari cemilan yang mengandung banyak lemak, lebih baik diganti dengan buah atau sayur.
  • Olahraga
    Ibu hamil memang tidak disarankan untuk melakukan aktifitas berlebih. Meski demikian, bukan berarti ibu hamil bermalas-malasan untuk olahraga. Olahraga dapat membantu mengurangi sakit otot perut, mengurangi sakit punggung dan melancarkan proses persalinan. Berjalan kaki adalah olahraga paling mudah agar tubuh tetap fit sehingga tidak mudah lelah saat kehamilan. Olahraga lain yang dapat dilakukan saat hamil adalah yoga dan renang.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY