Mengatasi Kulit Gosong Terpapar Sinar Matahari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Kulit bisa saja iritasi karena sesuatu ataupun bisa terkena gatal-gatal jika alergi. Dan yang lebih parah ketika kulit tampak terbakar karena sinar matahari. Kulit yang terbakar awalnya akan merah kemudian menghitam dan akan terasa sangat perih. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengatasinya dengan cepat.

Kulit yang menggelap akibat sengatan matahari merupakan efek jangka pendek dari paparan sinar UV yang bisa membahayakan kulit Anda. Bahkan sengatan matahari langsung dan terjadi secara terus-menerus dapat mengarah pada kanker kulit.

Sama seperti terbakar api, ada dua tingkat kerusakan jika terbakar sinar matahari. Pada tingkat pertama, sinar akan memengaruhi lapisan epidermis. Sementara pada tingkat kedua, paparan sinar matahari bisa membakar kulit lebih lama. Pada tingkat ini, sinar matahari memengaruhi lapisan kulit lebih dalam lagi dan bahkan bisa menyebabkan kulit melepuh.

Berikut ada bebera cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari:

  • Kentang mentah

Gunakan kentang yang sudah dihaluskan, atau pasta kentang pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Kentang bekerja sebagai bahan bleaching alami dan membantu mengurangi kulit yang hitam karena matahari.

  • Madu

Campur dan aduk air perasan dari 1 buah jeruk lemon dan 1 sendok makan madu murni. Oleskan ramuan ini langsung ke kulit yg terbakar sinar matahari. Tunggu hingga minimal 15 menit lalu bilas. Gunakan sehari 2 kali.

  • Kunyit

Kunyit sangat ampuh digunakan sebagai cara memutihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Campurkan bubuk kunyit dengan 1/4 cangkir susu murni hingga membentuk pasta. Jika masih terlalu encer, tambahkan kembali bubuk kunyitnya. Gunakan campuran ini sebagai scrub. Oleskan di kulit yang terbakar sinar matahari, lalu tunggu hingga kering. Ketika kering, gosok dengan halus lalu diamkan selama 30 menit. Cara ini dapat digunakan setiap hari.

  •  Lemon

Lemon sangat baik dalam memberikan kesejukan kulit. Tambahkan mentimun yang telah di blender pada perasan lemon serta air mawar campur semua bahan hingga merata, lalu oleskan di bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Tunggu hingga 15 menit lalu bersihkan. Gunakan sehari dua kali. Jika dalam sekali pengolesan masih banyak bahan yang tersisa, dapat disimpan untuk pengolesan berikutnya, tapi jangan melebihi dua hari.

  • Lidah buaya

Mengoleskan gel lidah buaya pada area yang terbakar sinar matahari dapat membantu mengatasi kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

  • Pepaya

Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk dengan satu sendok makan madu. Sifat madu yang melembapkan dan pepaya yang memutihkan dapat membantu mengatasi masalah kulit yang menghitam akibat paparan sinar matahari secara alami.

  • Tomat

Oleskan jus tomat pada wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Basuh dengan air dingin dan lakukan setiap hari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY